Profil » Perpustakaan

perpus3

Perpustakaan Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) merupakan Perpustakaan khusus, yang fungsi utamanya menyediakan informasi sesuai dengan mandat lembaga induknya, yaitu pertanian bidang tanaman aneka kacang dan umbi serta bidang lain yang terkait. Sekalipun fungsi utamanya adalah menyediakan informasi untuk para peneliti, perpustakaan Balitkabi juga melayani masyarakat umum (petani, penyuluh, siswa SLTA, mahasiswa, dosen) yang membutuhkan informasi. Ruang perpustakaan dilengkapi dengan AC dan tiga personal komputer untuk umum yang sudah terkoneksi dengan internet atau WIFI yang dapat digunakan untuk menelusuran referensi.

KOLEKSI

perpus2

Koleksi perpustakaan dihimpun sejak era Lembaga Pusat Penelitian Pertanian Perwakilan Jawa Timur di Malang (1977), BALITTAN Malang, hingga era BALITKABI. Pengadaan bahan pustaka dilakukan melalui hibah/hadiah, pembelian, dan pertukaran publikasi. Koleksi yang dimiliki perpustakaan Balitkabi:

  • Buku Teks/ Monograf = 3611 judul (+ 8335 eksp.)
  • Jurnal/ Majalah = 415 judul (+ 1558 eksp. majalah dalam dan luar negeri)
  • Data base artikel aneka kacang dan umbi = 14237 judul
  • Bibliografi, indeks, indeks dan abstrak = 28 judul
  • Surat Kabar = 2 judul

PELAYANAN TERBUKA (Open Access)

perpus1

Pengunjung perpustakaan dapat langsung mencari buku dan majalah ilmiah yang dibutuhkan di jajaran rak koleksi bahan pustaka. Apabila pemustaka mengalami kesulitan, petugas perpustakaan siap membantu.

JENIS LAYANAN

  1. Layanan Sirkulasi. Layanan sirkulasi merupakan layanan peminjaman dan pengembalian buku bagi pengguna internal balai sedangkan pengguna eksternal balai disediakan fasilitas layanan baca di tempat dan pinjam untuk difotocopy dengan ketentuan yang berlaku. Melalui layanan ini, staf perpustakaan memberikan bimbingan untuk menelusur informasi yang dibutuhkan melalui berbagai sarana penelusuran antara lain bibliograf khusus, indeks, abstrak, dan pangkalan data.
  2. Penelusuran Informasi. Layanan ini merupakan salah satu bentuk bantuan penelusuran topik tertentu sesui kebutuhan pengguna baik yang datang langsung ke Perpustakaan Balitkabi maupun tidak. Hasil penelusuran bagi pengguna yang tidak bisa datang langsung ke Perpustakaan Balitkabi disampaikan melalui: telepon, faksimile, surat elektronik, maupun surat biasa.
  3. Layanan Referensi/Rujukan. Layanan rujukan merupakan layanan untuk menjawab pertanyaan pengguna perpustakaan tentang informasi yang dibutuhkan atau menunjukkan informasi rujukan. Koleksi materi rujukan yang tersedia antara lain kamus, handbook, data statistik, ensiklopedia, bibliografi, buku tahunan, indeks, dan abstrak.
  4. Internet. Layanan ini menyediakan fasilitas penelusuran melalui internet, serta akses penelusuran ke jurnal internasional berbayar (Science Direct).

ALAT BANTU PENELUSURANSebagian koleksi perpustakaan dapat diakses secara on-line, namun demikian perpustakaan tetap menyediakan alat bantu penelusuran lainnya, seperti:

  1. Database/ Katalog Elektronik (buku, majalah, dan artikel mandat balai). Memuat informasi mengenai judul, penulis, penerbit dari buku/monograph, dan majalah yang dimiliki perpustakaan Balitkabi.
  2. Bibliografi Khusus (komoditas, disiplin ilmu). Memuat informasi mengenai judul, penulis, sumber informasi artikel hasil-hasil penelitian komoditas maupun disiplin ilmu tertentu.
  3. Indeks Artikel Majalah Ilmiah dan monograf. Memuat informasi judul, pengarang sumber informasi artikel hasil-hasil penelitian tanaman aneka kacang dan umbi yang di muat dalam terbitan Balitkabi, Badan Litbang Pertanian, dan lembaga penelitian lain.
  4. Daftar Tambahan Buku dan Majalah. Memuat informasi mengenai judul, penulis,penerbit dari buku/ monograph dan majalah yang dimiliki perpustakaan Balitkabi.
  5. Abstrak Hasil Penelitian Tanaman Kacang dan Umbi. Memuat informasi mengenai judul, penulis, sumber informasi, abstrak, dan artikel hasil-hasil penelitian tanaman aneka kacang dan umbi.

Beberapa database sudah dilengkapi abstrak di dalamnya, terutama hasil-hasil penelitian/pengkajian pertanian tanaman aneka kacang dan umbi. Untuk mendapatkan artikel lengkapnya bisa langsung berkunjung ke Perpustakaan Balitkabi, Jl. Raya Kendalpayak Km 8, Malang, Jawa Timur atau melalui e-mail: balitkabi@litbang.pertanian.go.id

JAM PELAYANAN
Senin – Kamis      : 08.00–12.00 & 13.00–15.30

Jumat                   : 08.00–11.30 & 12.30–15.30

CONTACT PERSON

1. Sutardji, S.Sos.

2. Sri Ismi Maulidyah, A.Md.

TELEPON

(0341) 801468 Ext. 111

ALUR PELAYANAN PERPUSTAKAAN