Profil » Praktek, Kunjungan, dan Penelitian

Balitkabi melayani dan memfasilitasi kegiatan Prakerin/PKL/Magang/Penelitian dan Kunjungan/Pelatihan bagi siswa, mahasiswa, petani, dan instansi terkait dengan cara mengirim surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Balitkabi. Kegiatan tersebut dapat dilaksanakan apabila yang bersangkutan sudah menerima surat balasan dari Balitkabi. Untuk konfirmasi lebih lanjut bisa menghubungi:

CONTACT PERSON: Nuryati, M.P.

TELEPON: (0341) 801468 Ext. 161

Layanan Informasi dilakukan pada jam dinas, yaitu hari Senin s.d. Kamis, pukul 8.00-15.30, istirahat pukul 12.00-13.00, sedangkan untuk hari Jum’at, pukul 8.30-15.30, istirahat pukul 11.30-12.30.

PRAKERIN/PKL/MAGANG/PENELITIAN

Prakerin (Praktik Kerja Industri)

Prakerin adalah kegiatan yang diupayakan dari sekolah yang melibatkan siswa-siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dan dilaksanakan di dunia industri untuk tujuan pendidikan, pembelajaran dan pelatihan siswa-siswi dalam rangka meningkatkan mutu siswa-siswi dalam dunia kerja yang sesuai bidangnya.

Tujuan Prakerin :

Secara umum Praktek Kerja Industri bertujuan untuk memberi gambaran kepada siswa/i pada saat bekerja, baik itu disuatu perusahaan ataupun disuatu lembaga instansi.

Secara khusus tujuan Prakerin antara lain :

  1. Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada masing-masing siswa/i.
  2. Melatih keterampilan yang dimiliki siswa/i sehingga dapat bekerja dengan baik.
  3. Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
  4. Menambah kreatifitas siswa/i agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
  5. Memberikan motivasi sehingga siswa/i bersemangat dalam meraih cita-cita mereka.
  6. Melatih siswa/i agar dapat membuat suatu laporan yang terperinci dari apa saja yang mereka kerjakan selama Praktek Kerja Industri.

Manfaat Prakerin :

  1. Menambah wawasan pada siswa/i.
  2. Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan Balitkabi.
  3. Mendapatkan pengalaman untuk bekalpada saat bekerja nantinya.
  4. Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak Balitkabi.

PKL/Magang

PKL/Magang merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh setiap mahasiswa sebagai salah satu prasyarat untuk menempuh jenjang Sarjana (S1).

Tujuan PKL/Magang :

  1. Menambah wawasan sekaligus melatih mahasiswa untuk menerapkan teori dan keterampilan yang diperoleh dari kuliah pada saat terjun di dunia kerja
  2. Mendapatkan pengetahuan dan pengalaman praktik
  3. Terlibat langsung dalam kegiatan untuk mengembangkan kepekaan bernalar terhadap berbagai persoalan yang timbul dalam praktik.
  4. Mendapatkan gambaran tentang hubungan antara teori dengan penerapannya di tempat praktik serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.
  5. Mendapatkan bekal pengalaman praktik untuk bekerja dalam masyarakat setelah menyelesaikan studi.

Manfaat PKL/Magang :

Memperoleh pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan gambaran umum mengenai kegiatan yang ada di tempat magang/PKL (Balitkabi).

Penelitian

Penelitian adalah dasar dari penyusunan skripsi yang merupakan karya ilmiah dalam suatu bidang studi yang dibuat oleh para mahasiswa S1 pada masa akhir studinya sebagai persyaratan untuk menyelesaikan program studi. Di Baltkabi, mahasiswa/i dapat melakukan penelitian tanpa dikenakan biaya penelitian, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Ketentuan Prakerin/magang/PKL/Penelitian di Balitkabi dapat diunduh di sini

KUNJUNGAN dan PELATIHAN

Kunjungan

Siswa/mahasiswa/petani/instansi dapat melakukan kunjungan ke Balitkabi dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai profil Balitkabi, penjelasan mengenai tanaman aneka kacang dan umbi (teknik budidaya singkat, pascapanen dll), serta kunjungan ke lapangan untuk melihat visitor plot dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki Balitkabi (Laboratorium, Rumah kaca, Perpustakaan, dan Kebun Percobaan). Kunjungan biasanya dilakukan dalam waktu singkat (±4 jam).

Pelatihan

Pelatihan/bimbingan teknis/konsultasi biasanya dilakukan sehari penuh atau lebih dari 1 hari untuk mendapatkan informasi dan keterampilan yang lebih detail mengenai tanaman aneka kacang dan umbi. Pelatihan/bimbingan teknis/konsultasi tersebut meliputi:

– Pelatihan olahan pangan berbasis tanaman aneka kacang dan umbi

– Pelatihan/bimbingan teknis/konsultasi teknologi budidaya tanaman aneka kacang dan umbi

– Pelatihan Lab. Mekanisasi Pertanian:

  • Pelatihan “Pengukuran beberapa sifat fisik dan panas benih kedelai”
  • Pelatihan “Pendekatan sistem dan model simulasi potensi hasil untuk mendukung proses pelepasan varietas kedelai”
  • Pelatihan “Pembuatan model simulasi swasembada kedelai”