Booklet ยป Profil Balitkabi

booklet_profil_balai_2017-coverBalai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mempunyai tugas melakukan penelitian
tanaman aneka kacang dan umbi.

Kegiatannya mencakup penelitian ekofisiologi, pemuliaan, hama dan penyakit, pengelolaan dan pemanfaatan plasma nutfah, penelitian komponen teknologi, pascapanen dan penanganan hasil.

Kegiatan non penelitian yang dilakukan antara lain diseminasi hasil penelitian serta produksi dan distribusi benih sumber tanaman aneka kacang dan umbi.

Komoditas utama yang menjadi mandat Balitkabi adalah: kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubikayu, dan ubijalar. Selain itu, Balitkabi juga memberikan perhatian untuk pengembangan komoditas aneka kacang potensial, antara lain: kacang tunggak, kacang gude, komak,dan berbagai jenis koro.

Komoditas aneka umbi potensial yang juga menjadi perhatian antara lain: garut, ganyong, talas, keladi, suweg/porang dan juga bengkuang. Beberapa komoditas aneka kacang introduksi, misalnya guar bean, juga mulai diteliti.

Sejak 16 Desember 2014 Balitkabi dikukuhkan sebagai Pusat Unggulan Iptek (PUI) Aneka Kacang dan Umbi oleh Kementerian Ristek Dikti, dengan SK Menristek nomor 48/M/Kp/XII/ 2014. Saat ini, bersama dengan 45 PUI lain (termasuk PUI Perguruan Tinggi) Balitkabi bahu-membahu mengembangkan Iptek di Indonesia melalui riset dan pengembangan di bidang masing-masing.

Kantor Balitkabi berada di Malang, dengan lima Kebun Percobaan yang berlokasi di Genteng (Kab. Banyuwangi), Muneng (Kab. Probolinggo), Kendalpayak dan Jambegede (Kab. Malang), serta Ngale (Kab. Ngawi).

Download