Info Teknologi » UK 1 Agritan, Ubi Kayu Genjah dengan Hasil Pati Tinggi

Gambar 1. UK 1 Agritan.

Gambar 1. UK 1 Agritan.

Varietas UK 1 Agritan merupakan hasil persilangan antara tetua betina Malang 1 dengan tetua jantan MlG 10075 tahun 2003. Klon Malang 1 merupakan sumber gen hasil tinggi dan agak tahan busuk umbi sedangkan MLG 10075 merupakan sumber gen hasil tinggi dan tahan hama tungau.

Seleksi dilakukan mengikuti prosedur yang digunakan oleh CIAT, Colombia (Mariscal et al. 2001, Iglesias et al. 1996). Tahapan seleksi yang dilalui adalah seleksi tanaman tunggal hingga uji daya hasil lanjutan dilanjutkan uji multilokasi.

Rata-rata hasil umbi varietas UK 1 Agritan di delapan lokasi pengujian adalah yang tertinggi, yaitu sebesar 30,18 t/ha pada umur 7 bulan. Hasil 75 % lebih tinggi dari Adira 1, dan 22 % lebih tinggi dari UJ3 (Tabel 1). Varietas ini bisa memberikan hasil umbi lebih tinggi dari yang telah dicapai saat ini jika ditanam di lingkungan yang lebih baik, diberi input tinggi serta dipanen lebih dari 7 bulan.

Sholihin (2014) melaporkan bahwa UK 1 Agritan bisa menghasilkan umbi 75 t/ha pada umur 10 bulan di Kalimantan Tengah, tanaman dipupuk dengan 300 kg Urea+ 150 kg SP36 + 150 kg KCl/ha. Tahun 2016, UK 1 Agritan juga pernah diuji coba di lahan yang banyak mengandung limbah pabrik gula (blothong) pada petak berukuran 25 m2 dengan dosis pupuk 300 kg Urea+ 100 kg SP36 + 100 kg KCl/ha, hasilnya bisa mencapai 40 kg/tanaman umur 8 bulan (Gambar 1).

Rata-rata hasil pati varietas UK 1 Agritan pada umur 7 bulan di delapan lokasi penelitian menduduki peringkat pertama yaitu sebesar 6,052 t/ha. Hasil pati tersebut 101% lebih tinggi dari Adira 1, dan 10% lebih tinggi dari UJ3.

Kuadrat tengah simpangan regresi (Sdi2), Fhit untuk Sdi2, hasil umbi, dan koefisien regresi hasil umbi beberapa varietas ubi kayu umur 7 bulan tertera pada Tabel 1. Semua klon yang diuji memiliki koefisien regresi (bi) sama atau tidak berbeda nyata dengan satu (1). Hasil uji F untuk kuadrat tengah simpangan regresi (Sdi2) menunjukkan bahwa varietas UK 1 Agritan mempunyai kuadrat tengah simpangan regresi (Sdi2) yang sama dengan nol.

Berdasarkan nilai koefisien regresi (bi), simpangan regresi (Sdi2), dan rata-rata hasil umbi yang dicapai, dapat dikatakan bahwa varietas UK1 AGRITAN merupakan varietas yang stabil dan beradaptasi baik di semua lingkungan, karena memiliki nilai bi tidak berbeda dengan satu, simpangan regresi (Sdi2) tidak berbeda dengan nol, dan rata-rata hasil umbi di atas rata-rata umum.

sholihin1

Ketahanan terhadap penyakit busuk umbi

Busuk umbi merupakan salah satu penyakit ubi kayu, penyakit ini muncul ketika tanaman banyak menerima hujan terutama pada fase pembentukan umbi dan drainase tanah kurang baik. Penyebab penyakit busuk umbi diduga mikroba patogen yang hidup di tanah. Hasil evaluasi ketahanan klon-klon harapan ubi kayu terhadap penyakit busuk akar/umbi (Fusarium sp.) menunjukkan bahwa varietas UK 1 Agritan tergolong agak tahan terhadap penyakit busuk umbi. Varietas pembanding Adira 1 dan UJ3 tergolong peka (Tabel 2).

sholihin2

 Sholihin