Berita ยป Penegasan Komitmen Kinerja ASN Balitkabi 2018 melalui Penandatanganan Pakta Integritas

Penandatanganan Pakta Integritas pejabat eselon IV dan ketua Kelompok Peneliti

Penandatanganan Pakta Integritas pejabat eselon IV dan ketua Kelompok Peneliti

Pakta Integritas merupakan pernyataan atau janji ASN kepada diri sendiri dan pemerintah tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kesanggupan untuk tidak melakukan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Dokumen Pakta Integritas merupakan wujud penyelenggaraan kegiatan yang akuntabel, transparan, dan bertanggungjawab. Dalam rangka menindaklanjuti hal tersebut, maka membuka tahun 2018 ini Balitkabi menyelenggarakan penandatangan Dokumen Pakta Integritas.

Bertempat di Aula Balitkabi pada Selasa 2 Januari 2018 seluruh ASN Balitkabi termasuk ASN lima kebun percobaan menandatangani dokumen Pakta Integritas. Acara dibuka dengan pengarahan dari Kepala Balitkabi. Mengawali sambutannya Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D. menyampaikan bahwa tahun 2018 merupakan tahun perbenihan dan target swasembada kedelai.

Pembukaan acara oleh Kepala Balitkabi, Dr. Joko Susilo Utomo

Pembukaan acara oleh Kepala Balitkabi, Dr. Joko Susilo Utomo

Menghadapi hal tersebut Balitkabi sebagai pelaku harus siap menerima tugas yang dibebankan salah satunya sebagai penyedia/produsen benih sumber. Kepala Balitkabi juga berpesan kepada seluruh kebun percobaan agar menyiapkan diri menjadi lokasi produksi benih sumber.

Guna mendukung tahun perbenihan dan target swasembada kedelai, maka target ke depan penelitian perakitan varietas diarahkan untuk menghasilkan VUB yang spektakuler, sebagai contoh VUB kedelai dengan produktivitas >4 t/ha. Penelitian di bidang lain (agronomi, hama dan penyakit, sosek, pascapanen) diharapkan dapat mendukung pencapaian target-target tersebut.

Di akhir arahannya, Kepala Balitkabi menyampaikan bahwa penandatanganan Dokumen Pakta Integritas merupakan penegasan kembali tentang komitmen ASN Balitkabi dalam menjalankan tugas sesuai aturan yang berlaku.

Selain penandatangan Dokumen Pakta Integritas dilakukan pula pembacaan SK penanggungjawab kegiatan dan SK pejabat internal lingkup Balitkabi tahun 2018, serta penyerahan mini DIPA tahun 2018 kepada lima kebun percobaan Balitkabi. Acara tersebut ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada ASN Balitkabi yang telah memasuki purna tugas pada tahun 2017 dan acara ramah-tamah.

_dsc0458

WR