Berita » Merajut Kemitraan di Awal Tahun 2018

fmcDi awal tahun 2018, Balitkabi kembali mendapat kunjungan dari PT Bina Guna Kimia (FMC) yang berkantor pusat di Jakarta tanggal 11 Januari 2018. FMC bergerak di bidang produksi bahan perlindungan tanaman dan juga nutrisi tanaman.

Pertemuan antara FMC dengan Balitkabi bertujuan membahas kemungkinan kerjasama pengujian bahan pembenah tanah Microferti Magnet (Liquid Humus) yang merupakan produk baru dari FMC. Diskusi awal dari FMC yang dalam hal ini diwakili oleh Danu Kuncoro, Setyono, dan Dwiyani menyampaikan beberapa produk yang telah dihasilkan oleh PT Bina Guna Kimia yang salah satunya adalah Microferti Magnet.

Penelitian yang akan dikerjasamakan antara FMC dan Balitkabi adalah pengujian tingkat efektifitas dan efisiensi Microferti Magnet pada tanaman kelalai dan kacang tanah di lahan ber pH rendah dan salin. Peneliti Balitkabi yang hadir dalam diskusi tersebut Ir. A. Taufiq, M.P. dan Dr. Rudi Iswanto, didampingi staf Jasa Penelitian Balitkabi yaitu B.S. Kuncoro, S.P., M.Kom. dan Yuhrotus Faridah, S.P.

fmc1

“Kalimantan sangat sesuai untuk lokasi penelitian kerjasama pengujian ini, karena di Kalimantan karakteristik lahannya selain ber pH rendah sekaligus juga tingkat salinitasnya tinggi”, ujar Ir. Abdullah Taufiq. Kesepakatan awal, FMC menyerahkan pelaksanaan teknis di lapang ke Peneliti Balitkabi, sementara FMC akan mensuport sarana pendukungnya. Keberlanjutan dan teknis pelaksanaan kerjasama akan dituangkan dalam proposal dan perjanjian kerjasama penelitian yang akan dikaji oleh kedua belah pihak.

BSK