Berita » Kontribusi Peneliti Balitkabi dalam MTR and Research Symposium of ACIAR Project

mtrAcara MTR (Mid-Term Review) dan Research Symposium diselenggarakan di Vientiane-Laos pada tanggal 15−19 Januari 2018. Kegiatan penelitian “Cassava value chain and livelihood project” yang didanai ACIAR diprakarsai oleh University of Queensland bermitra dengan CIAT telah berlangsung selama dua tahun dan akan berakhir pada tahun 2019. Peneliti yang terlibat dari Indonesia (Balitkabi dan Unibraw), Laos, Kamboja, dan Vietnam. Masing-masing negara mempresentasikan hasil penelitian sampai saat ini dan rencana untuk kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Enam belas makalah termasuk empat makalah dari Indonesia dipresentasikan dalam acara tersebut yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu: (1) Understanding livelihoods and value chains dan (2) Opportunities to improve cassava farmers livelihoods through value chain engagement.

mtr1

Diskusi untuk membicarakan rencana aksi tahun 2018−2019 di tiap negara dilakukan dengan pendamping yang berkompeten. Topik yang didiskusikan meliputi: (1) Evaluasi varietas dan sistem pembibitan ubi kayu dengan narasumber Dr. Stef de Hann, (2) Pemupukan ubi kayu dengan narasumber Imran Malik, (3) Tumpangsari ubi kayu dengan narasumber Erik Delaguis, (4) Penanganan hama dan penyakit ubi kayu dengan narasumber Dr. Nami Minato, dan (5) Kebijakan terkait ubi kayu dengan narasumber Prof. Rob Cramb dan Dr. Dominic Smith.

Hari terakhir diadakan field trip ke salah satu sentra ubi kayu di Laos yaitu Paklai District. Tujuan field trip adalah untuk melihat percobaan ubi kayu di lapangan serta bertemu dengan pedagang ubi kayu segar dan gaplek yang diekspor ke Thailand, petani ubi kayu, serta pejabat pemerintah daerah yang terlibat dalam kegiatan “Cassava value chains”.

KN/YW