Info Teknologi » Fuzzy Logic Kontrol Pengatur Suhu Rumah Kaca

kuncoroRumah kaca banyak dibutuhkan untuk mengkondisikan lingkungan tumbuh yang optimal dan terkendali. Namun demikian karena konstruksi atap terbuat dari kaca ataupun plastik, mengakibatkan suhu udara di dalamnya menjadi lebih tinggi dibanding suhu di luar rumah kaca, terutama pada waktu siang hari. Hal ini dapat menimbulkan pengaruh tidak baik bagi pertumbuhan tanaman.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menurunkan suhu udara dalam rumah kaca, misalnya dengan cara ditutupi dengan lapisan penyerap radiasi matahari atau bahkan dipasang kipas angin. Saptomo et al. (1996) melakukan pengendalian suhu dalam ruang simpan bahan pangan dengan kontrol suhu berdasarkan “fuzzy logic”. Selain itu secara teoritis menurut Setiawan dan Saptomo (1996), “fuzzy inference” dapat digunakan untuk menduga kebutuhan pompa drainase di lahan gambut pada proses simulasi.

Tahapan yang biasa dipakai untuk merancang pengontrol “fuzzy” ada tiga yaitu fuzzifikasi, tabulasi, dan defuzzifikasi (Gambar 1).

kuncoro1

kuncoro2

Suhu dalam rumah kaca diukur dengan sensor “negatif temperature coefficient” (NTC) ditempatkan di empat titik, sedangkan suhu di luar diukur pada satu titik saja. Suhu di dalam representasi dari rata-rata empat titik NTC. Perbedaan dari suhu di dalam dan di luar merupakan Error (E) dan perubahan terhadap waktu dinyatakan sebagai beda error (dE). Kipas angin berperan untuk meratakan suhu di dalam agar mendekati suhu pengesetan.

kuncoro3

Pada proses fuzzifikasi terlihat setiap variabel dipetakan ke dalam sistem fuzzy, yaitu Postif Besar (PB), Positif Kecil (PK), Poitif Sedang (PS) dan Nol (ZO) (Gambar 3). Sedangkan pada proses defuzzifikasi nilai numerik padanan keputusan akhir dalam bentuk pernyataan subyektif (Gambar 4).

Sistem kontrol fuzzy

Sistem kontrol fuzzy merupakan hubungan input dan output. Input pertama adalah besaran suhu diterjemahkan dalam besaran listrik analog. Kemudian ditransformasi ke bilangan biner 16 bit sehingga akan diperoleh hubungan bilangan biner dengan daya yang akan ditransfer ke sistem penggerak, yaitu kipas. Bilangan biner menunjukkan suhu dalam ruang, bilangan biner lebih besar maka daya kipas juga besar sehingga suhu akan menurun.

kuncoro4

Pengatur suhu rumah kaca

Sistem kontrol diupayakan untuk mengatur suhu rumah kaca agar nilai sama dengan fluktuasi mengikuti suhu di luar. Semula suhu di dalam dan di luar dikondisikan sama (29oC), namun kalau tidak dikontrol suhu di dalam akan terus naik akibat efek rumah kaca. Dengan sistem kontrol suhu di dalam dapat dikendalikan, namun karena keterbatasan daya kipas walaupun kipas angin sudah berfungsi optimal, terdapat sedikit perbedaan suhu.

kuncoro5

Jika suhu di luar secara konstan menunjukkan 28oC selama 500 menit (±8 jam), sedangkan suhu di dalam rumah kaca sebesar 31oC, maka untuk menurunkan suhu tersebut dibutuhkan waktu sekitar 200 menit (±3 jam). Namun apabila daya kipas angin diperbesar maka penurunan suhu akan lebih cepat (Gambar 7).

kuncoro6

Pustaka

Saptomo, S.,K., B.I. Setiawan, M.A. Iskandar dan S. Sarwono. 1996. Pengontrol suhu dengan Pengontrol Fuzzy. Jurnal Teknologi Industri Pertanian. VI:2:51-132.

Setiawan, B.I dan S.K. Saptomo. 1996. Simulasi Pengendalian Tinggi Muka Air Tanah di Lahan Gambaut dengan Pengontrol Fuzzy. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. 6:2:64-70.

B.S. Koentjoro