Berita » BuDesa Jembatani Interaksi Peneliti – Petani – Produsen

Observasi lapang program BuDesa Nganjuk oleh Petani, Peneliti, dan Produsen.

Observasi lapang program BuDesa Nganjuk oleh Petani, Peneliti, dan Produsen.

BuDesa, budi daya kedelai di lahan sawah, merupakan salah satu program Gerakan Lapang Inovasi Pertanian (GLIP) Balitbangtan yang mulai dilakukan pada tahun 2018. BuDesa ditujukan untuk memperkuat penyediaan benih kedelai nasional. Pengembangan BuDesa dilaksanakan di Nganjuk Jawa Timur dan Parigi Mountong Sulawesi Tengah. Pelaksanaan BuDesa dilakukan pada musim tanam MK1 2018.

Di Nganjuk, BuDesa dilaksanakan pada luasan 40 ha dengan menggunakan varietas kedelai Devon 1. Tahapan pelaksanaan BuDesa yang diawali dengan pertemuan dengan produsen dan kelompok tani, dan dilanjutkan dengan sosialisasi pelaksanaan Budesa. Peran penyuluh pertanian sebagai pendamping petani dan BPSB sebagai pengawas mutu benih dapat dilakukan dengan baik dan dilaksanakan tepat waktu.

Di sisi lain, BuDesa juga melahirkan kebersamaan antara peneliti – petani – produsen, sejak dari persiapan tanam, tanam, dan pada kegiatan lainnya. Salah satu bentuk sinergi tersebut juga dilakukan pada awal Mei 2018, dengan melakukan observasi lapang bersama antara peneliti – kelompok tani – produsen kedelai. Seusai observasi lapang dilanjutkan diskusi dengan kelompok tani. Banyak hal yang dipertanyakan oleh petani, diantaranya kesanggupan produsen benih untuk menampung hasil panen, peluang menyimpan kedelai hingga musim tanam berikutnya, bahkan juga dipertanyakan apakah akan terjadi perubahan jika benih Devon 1 ditanam kembali.

Produsen benih telah menyatan kesanggupannya untuk menampung hasil Devon 1. Program BuDesa menggunakan benih kedelai dengan kualitas tinggi dan varietas kedelai terbaru, sehingga  sayang jika tidak diamankan hasil panen dari petani. Petani merasa puas melihat keragaan tanaman Devon 1 pada hamparan yang luas.

Saat ini, Devon 1 mulai memasuki fase siap panen, dan diperkirakan hasilnya lebih tinggi dari varietas yang ditanam saat ini.

Kebersamaan peneliti – petani – produsen pada program BuDesa Nganjuk.

Kebersamaan peneliti – petani – produsen pada program BuDesa Nganjuk.

Ayk