Berita » Audit Survailen UPBS Balitkabi

Balitbangtan terus berkomitmen untuk mengedepankan Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) sebagai penghasil dan penyedia benih-sumber berkualitas tinggi. Salah satu UPBS Balitbangtan yang ada di Balitkabi, sejak Mei 2013 telah memperluas ruang lingkup untuk memproduksi benih kelas BS dan FS komoditas akabi berbasis Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008.

Tanggal 28–29 April 2015 dilakukan audit survailen oleh Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu (LSSM) Benih dan Bibit (Bebi) PT Agri Mandiri Lestari (Widi Widiatmoko dan Setiawan SP) serta dihadiri pula oleh Andry R. Prihikmat S.Hut dari Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Proses audit dilakukan di Aula UPBS Balitkabi dan dihadiri oleh seluruh staf UPBS Balitkabi. Audit dilakukan terhadap pemastian kesesuaian proses produksi BS dan FS yang tertuang dalam dokumen dengan pelaksanaan di lapang termasuk identifikasi faktor penghambatnya.

Sampling audit lapang dilakukan di Blitar pada proses produksi FS dan di KP Kendalpayak. Pada acara penutupan audit, Widi Widiatmoko menyampaikan bahwa audit harus bermakna dan memiliki nilai tambah pada organisasi. Audit tidak mencari-cari kesalahan.

Secara umum disampaikan bahwa UPBS Balitkabi telah menerapkan SMM secara benar, walaupun masih terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki yakni berupa temuan major, minor, dan observasi. Juga diingatkan pula agar personal UPBS Balitkabi mulai belajar dan memahami ISO 9001:2015 yang akan dilaunching pada akhir tahun.

UPBS Balitkabi harus bangga karena memiliki berbagai keunggulan di antaranya dukungan top manajemen yang tinggi, memiliki SDM mumpuni (kualitas maupun kuantitas), dan dukungan Balitbangtan dalam menyediakan sarana prasarana. Andry Prihikmat juga menyampaikan audit yang telah dilakukan oleh LSSM Bebi telah dilakukan secara efektif, terbuka dan pasti berfungsi baik. Walaupun sambil berkelakar, proses auditnya agak keras.

Direktur UPBS yang sekaligus kepala Balitkabi, Dr. Didik Harnowo, menyampaikan apresiasi atas bimbingan dan pembinaan yang dilakukan selama ini termasuk pada saat audit. UPBS Balitkabi yang berada dalam rel yang benar dalam melaksanakan amanat ISO 9001:2008 harus dipertahankan dan ditingkatkan.

5-5-15

MMA