Berita » ACIAR Apresiasi Kontribusi Balitkabi dalam Kegiatan Tot di Papua dan Papua Barat

Evaluasi hasil pelatihan/ToT (training of the trainer) yang dilaksanakan tahun 2014 di Wamena, Kab. Jayawijaya dan di Minyambouw, Kab. Manokwari merupakan agenda utama kegiatan Review and Extension Workshop IV ACIAR Project – AH/2007/106: Improvement and Sustainability of Sweetpotato-Pig Production Systems to Support Livehoods in Highland Papua and West Papua, Indonesia, yang diselenggarakan di Makassar pada tanggal 18‒19 Mei 2015 dengan tema “Dissemination of the Project Results to Farmers”.

Workshop ini merupakan kegiatan terakhir proyek ACIAR di Papua dan Papua Barat yang dimulai sejak 2008 dan berakhir 2014. Pertemuan dibuka secara resmi oleh Bapak Drh. I Made Putra mewakili Bupati Jayawijaya dan dihadiri oleh sekitar 40 orang peserta, antara lain Dr. Mike Dunn (ACIAR Country Manager), Dr. Colin Cargill (Project Leader ACIAR/SARDI di Papua), Dr. Sukendra Mahalaya (Project Manager dan tim), Kepala Dinas Peternakan Propinsi Papua Barat, Kepala Subdinas Kesehatan Hewan Propinsi Papua, Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Manokwari, Kepala BP4K2P Kabupaten Jayawijaya dan Kepala Kantor Penyuluhan Pertanian (KPP) Kabupaten Manokwari, Ketua STPP Manokwari, World Vision Indonesia (WVI) Wamena, BPTP Papua, Balitkabi, perwakilan keluarga petani kooperator di Wamena, Papua dan Minyambow, Papua Barat.

Dr. Colin Cargill menyampaikan hasil kegiatan proyek secara keseluruhan dan sangat berterima kasih atas kontribusi dan kerja sama semua anggota tim yang terlibat (BPTP, Balitkabi, Balitnak, CIP-Bogor, Unipa, UGM, Universitas Udayana, Balai Veteriner Maros, STPP Manokwari dan WVI Wamena) serta dukungan pemerintah daerah dalam inisiasi dan pelaksanaan proyek.

Hasil kegiatan ToT untuk budidaya ubijalar dan tanaman introduksi (kedelai, kacang gude, strawberi) serta pengelolaan ternak babi disampaikan oleh Dr. Sukendra Mahalaya, sedangkan aspek pasca panen dan pengolahannya disampaikan oleh Ir. Erliana Ginting MSc dari Balitkabi.

Dari total peserta pelatihan yang mencapai sekitar 400 orang, 200 orang diantaranya dilatih oleh tim dari Balitkabi. Secara khusus Dr. Sukendra Mahalaya mengapresiasi kontribusi Balitkabi tersebut yang cukup menarik dan relatif baru bagi peserta karena berkaitan dengan pengolahan makanan.

Materi pelatihan yang disusun berdasarkan hasil penelitian proyek telah dijadikan buku (training manual) dalam tiga versi untuk target pengguna yang berbeda, yakni penyuluh, remaja binaan WVI, dan petani. Diharapkan buku tersebut dapat digunakan sebagai acuan untuk mendukung program pemerintah daerah yang berkaitan dengan peningkatan ketahanan pangan dan pengentasan kemiskinan.

BP4K2P Kabupaten Jayawijaya, KKP Kabupaten Manokwari, dan STPP Manokwari juga menyampaikan program yang dapat disinergikan dengan diseminasi hasil penelitian proyek ini sehingga lebih banyak petani yang dapat dijangkau.

Petani kooperator juga diberi kesempatan untuk menceritakan pengalaman mereka terlibat dalam kegiatan proyek ini dan manfaat yang dirasakan oleh keluarga serta harapan untuk dapat mandiri setelah proyek berakhir. Bagian akhir dari workshop membahas mekanisme penyerahan hasil kegiatan proyek kepada kepala pemerintah daerah (Bupati), memperbanyak buku training manual setelah disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah untuk digunakan oleh dinas terkait, memperbanyak model kandang dan laleken untuk ternak babi, memanfaatkan peserta pelatihan sebagai trainer kepada petani lainnya, melibatkan lebih banyak dinas terkait, LSM, kepala distrik dan gereja dalam pelaksanaannya, sosialisasi melalui media yang tersedia dan integrasi dengan bidang pendidikan dan kesehatan untuk meningkatkan status gizi dan kesehatan masyarakat.

Sebagai penutup, Dr. Mike Dunn selaku ACIAR Country Manager berterima kasih atas kontribusi semua institusi yang terlibat dalam proyek ini dan bangga dengan hasil yang diperoleh serta berharap dapat dilanjutkan melalui program-program pemerintah daerah masing-masing.

Cerita/kesaksian anak Pak Luther, salah seorang petani kooperator yang merasakan banyak manfaat dari proyek ini penting sebagai bukti daripada laporan yang tebal untuk diingat/dikenang dan menjadi inspirasi untuk dikembangkan. Semoga.

1-6-15a

Dr. Colin Cargill selaku Project Leader ACIAR/SARDI di Papua dan Papua Barat menyampaikan hasil kegiatan proyek 2008‒2014 (kiri) dan Drh. I Made Putra mewakili Bupati Jayawijaya membuka workshop secara resmi (kanan).

Ir. Erliana Ginting MSc, peneliti dari Balitkabi menyampaikan materi evaluasi pelatihan pengolahan (kanan) dan ekspresi Bapak Wakisi, petani kooperator dari Wamena dalam menyampaikan pengalamannya terlibat dalam Proyek ACIAR (kiri).

Ir. Erliana Ginting MSc, peneliti dari Balitkabi menyampaikan materi evaluasi pelatihan pengolahan (kanan)
dan ekspresi Bapak Wakisi, petani kooperator dari Wamena dalam menyampaikan pengalamannya terlibat dalam Proyek ACIAR (kiri).

Petani Kooperator dari Wamena dan Minyambow (kiri) dan seluruh peserta workshop foto bersama dengan Dr. Mike Dunn, ACIAR Country Manager untuk Indonesia (kanan).

Petani Kooperator dari Wamena dan Minyambow (kiri) dan seluruh peserta workshop foto bersama dengan Dr. Mike Dunn, ACIAR Country Manager untuk Indonesia (kanan).

EG/KN