Berita » Aneka Cara Budidaya Kedelai

Tidak banyak wilayah di Indonesia, yang petaninya konsisten dan bersemangat tinggi menanam kedelai, seperti yang dilakukan di bumi Blambangan, julukan untuk Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur. Dua kecamatan yakni Muncar dan Purwoharjo, menjadi sentra utama kedelai di Banyuwangi. Kedelai dibudidayakan melalui beraneka cara. Kedelai di lahan sawah memang yang terluas dengan pola beragam dari padi – padi – kedelai atau padi – kedelai – kedelai. Pada pola padi – kedelai – kedelai, padi ditanam secara gogorancah, pengolahan tanah dengan cangkul bahkan sebagian tanpa dilakukan pengolahan tanah, yang paling penting saluran drainase telah dibuat petani sejak awal penanaman gogorancah, setiap 2 – 3 m. Dengan penataan yang demikian maka setelah padi panen, maka kedelai langsung ditanam dengan saluran air yang telah siap sejak awal. Masih di lahan sawah, cukup banyak lahan sawah yang ditanami jeruk, yang dibawah tegakan jeruknya ditanami kedelai. Tanaman jeruk ditanam pada awal musim penghujan, hampir bersamaan dengan penanaman kedelai. Saluran drainase menjadi kunci keberhasilan penanaman kedelai di lahan sawah pada musim penghujan.

Saat ini, buah naga, menjadi andalan petani, khususnya di Purwoharjo, setiap jengkal tanah di pekarangan, bahkan disawahpun ditanami buah naga. Sekali lagi, kedelai masih menjadi andalan dan menjadi sumber pendapatan petani sebelum tanaman tahunannya menghasilkan buah.

Penuturan Pak Mashudi, dari kelompok tani Margo Rukun di Purwoharjo, varietas Anjasmoro sejak 5 tahun terakhir berkembang pesat di Banyuwangi. Di lahan sawah hasil Anjasmoro bisa mencapai 2.5 t/ha. Pak Mashudi pernah menanam Argomulyo dan mampu berproduksi hingga 2.80 t/ha. Tingginya tingkat produksi kedelai di Banyuwangi mungkin yang menyebabkan kedelai tetap diminati oleh petani, sehingga memiliki tingkat kompetisi yang layak jika dibandingkan dengan tanaman lain. Kedelai yang dibudidayakan pada setiap musim (MH. MKI, MKII), tentu berpengaruh terhadap permintaan benih kedelai yang volumenya cukup besar. Sisi lain, jabalsim dapat berjalan secara optimal. Tawaran, industri perbenihan kedelai di Banyuwangi semakin bergairah.

MM