Berita » Aneka Kabi di KRPL Desa Pudak Jambi

KRPL telah bergema di bumi Nusantara. Desa Pudak Kecamatan Kumpeh Hulu Kabupaten Muaro Jambi, menjadi model pengembangan KRPL di Provinsi Jambi.  Aneka kacang dan umbi ikut bersanding dengan KRPL. Sejak Desember 2011, Balitkabi ikut serta mendukung pengembangan KRPL di desa Pudak.  Aneka kacang, kedelai (Anjasmoro, Argomulyo, dan Kaba), kacang tanah (Kelinci, Jerapah, dan Bison) serta kacang hijau (Vima, Sriti, dan Kutilang) telah ditanam. Tidak ketinggalan, ubijalar Beta 1, Beta 2, Papua Solossa dan RIS 03063-05, ikut serta meramaikan pengembangan KRPL di pekarangan. Bapak Menteri Pertanian, di sela-sela persiapan Hari Pers Nasional (HPN) di Jambi (9 Februari 2012) berkenan mengunjungi KRPL tersebut, termasuk pertanaman aneka kabi.  Ubijalar di pekarangan KRPL tumbuh subur, aneka kacang di lapang juga tumbuh optimal di Jambi. Peneliti Balitkabi, Dr. M. Jusuf, ikut serta mendampingi kunjungan Menteri Pertanian ke lokasi pengembangan aneka kacang. Dijelaskan oleh Pak Jusuf, varietas Argomulyo, berbiji besar dan berumur genjah berpeluang dikembangkan di Jambi. Selama ini, yang banyak berkembang di Jambi adalah varietas Anjasmoro. Selain Papua Solossa, ubijalar yang ditanam di KRPL, berguna sebagai sumber pangan fungsional, dan ubijalar yang ada di pekarangan sebagai penyedia bahan baku untuk olahan ubijalar, yang sehari sebelumnya telah dilakukan sosialisasi olahan aneka kabi oleh Erliana Ginting M.Sc di Desa Pudak.


Keragaan var unggul kacang tanah di KRPL Jambi (kiri). Kunjungan Menteri Pertanian di lokasi KRPL Desa Pudak Kecamatan Kumpeh HuluKabupaten Muaro Jambi, menjadi model pengembangan KRPL di Provinsi Jambi.

Dr. M. Jusuf, sebagai pemulia ubijalar, berpesan kepada BPTP Jambi dan petani, agar pertanaman ubijalar di pekarangan terus dikembangkan, sehingga bahan tanamnya terus tersedia di lokasi KRPL. Dengan demikian, ibu-ibu tidak kesulitan bahan baku umbi ubijalar untuk diolah menjadi beragam produk, yang bernilai nutrisi tinggi, mungkin pula, bernilai ekonomi tinggi. Semoga.

Yusuf/MMA/Win