Berita ยป Antusiasme Petani Ikuti Praktik Membuat Olahan Berbahan Baku Ubi Kayu

Tanggal 2 Oktober 2017, bertempat di Pematang Siantar, Ir. Erliana Ginting, M.Sc. didampingi Lina Kusumawati, S.Si., mengadakan praktik membuat produk olahan dengan bahan baku utama ubi kayu. Beberapa produk yang dikenalkan kepada petani adalah cassavablanca, cake tape ubi kayu, brownies ubi kayu, mie pasta ubi kayu, kue bawang, cake tiwul kukus, onde-onde dan puding ubi jalar ungu. Petani juga diberi pembekalan cara membuat tepung ubi kayu.

Setelah sehari sebelumnya para petani mendapatkan materi cara membuat berbagai olahan menggunakan bahan baku ubi kayu, agar lebih menguasai para petani diberi kesempatan untuk mempraktikkan bagaimana cara membuat produk olahan tersebut.

Para petani begitu antusiasnya, baik ibu-ibu maupun bapak-bapak semua bersemangat mengikuti praktik. Mr. Rob Cramb dan Mr. Dominic Smith juga sangat bersemangat membuat onde-onde yang dibuat dari pasta ubi jalar dan tepung tapioka. Bahkan Bapak Juan Candra, pemilik PT Bumisari, juga ikut praktik membuat mie dari pasta ubi kayu (ubi kayu yang dibuat semacam getuk).

Mr. Rob dan Mr. Dominic membuat onde-onde.

Mr. Rob dan Mr. Dominic membuat onde-onde.

Hasil praktik olahan menjadi rebutan para peserta untuk dicicipi. Semua peserta merasa sangat senang dan puas. Mereka tidak menyangka bahwa ubi kayu dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Ibu Sri, salah satu petani yang juga memiliki usaha membuat kue berharap dapat mempraktikkan ilmu yang diperoleh dan dapat menularkan kepada ibu-ibu lain yang tidak mengikuti pelatihan. Ibu Sri juga mendapat bantuan alat pembuat mie dan alat pembuat sawut ubi kayu. Penyerahan alat dilakukan oleh Mr. Dominic Smith.

Bapak Juan praktik membuat mie ubi kayu (gambar kiri), Mr. Dominic menyerahkan bantuan alat pembuat mie ubi kayu dan alat sawut (gambar kanan).

Bapak Juan praktik membuat mie ubi kayu (gambar kiri), Mr. Dominic menyerahkan bantuan alat pembuat mie ubi kayu dan alat sawut (gambar kanan).

KN/EG