Berita » Anugerah Prayoga Sala untuk Balitkabi

Kepala Balitkabi menerima Prayoga Sala.

Kepala Balitkabi menerima Prayoga Sala.

Hakteknas, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, ke-23 tahun 2018 dipusatkan di Pekanbaru, di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau. Hakteknas merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi Indonesia, diawali oleh peristiwa peluncuran perdana pesawat N-250 Gatotkaca, 10 Agustus 1995. Peringatan Hakteknas dibuka secara resmi oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir, didampingi oleh Gubernur Provinsi Riau Syamsuar.

Hakteknas tahun 2018 merupakan penghargaan dan dedikasi kepada insan pengemban iptek dan inovasi untuk peningkatan kesejahteraan, daya saing, dan kemandirian bangsa, termasuk prestasi yang telah diraih oleh pemerintah daerah, dunia usaha, masyarakat dan media massa. Tema Hakteknas 2018 adalah “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Energi” dengan sub tema: “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0.”.

Serangkaian peringatan puncak Hakteknas, Kemenristekdikti memberikan Anugerah IPTEK 2018, yang terdiri dari 8 kategori dan salah satunya adalah Anugerah Prayoga Sala. Prayoga Sala dianugerahkan kepada Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pusat Unggulan Iptek serta Lembaga Penelitian dan Pengembangan dalam membangun Sistem Inovasi melalui penguatan kebijakan, kelembagaan, sumber daya, dan jaringan inovasi untuk menghasilkan produk inovasi. Balitkabi yang telah ditetapkan sebagai PUI pada tahun 2014 dan ditetapkan kembali untuk tiga tahun ke depan pada tahun 2018, mendapatkan Anugerah Prayoga Sala, bersama-sama dengan LAPAN (sebagai peringkat pertama) dan PUI Balitsereal (sebagai peringkat ketiga). Anugerah Prayoga Sala diterima oleh Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi.

Arahan Menristekdikti pada malam Anugerah IPTEK 2018, bekerja keras untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 untuk semakin memantapkan dan memberikan sumbangan nyata untuk kemajuan industri, untuk kesejahteraan rakyat. Peneliti dan perekayasa memiliki peran penting untuk menghasilkan produk riset yang lebih efisien, terstruktur, dan membangkitkan industri nasional. Momentum Hakteknas 2018 harus dijadikan pijakan kokoh membangun bangsa, membangun riset, dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Malam Anugerah IPTEK 2018 dan sebagian penerima penghargaan.

Malam Anugerah IPTEK 2018 dan sebagian penerima penghargaan.

MMA