Berita » Asesmen Internal KNAPPP

intAsesmen internal adalah proses evaluasi untuk mengetahui tingkat kinerja pranata litbang Balitkabi dengan memperhatikan hasil audit internal dan kaji ulang manajemen. Acara asesmen internal KNAPPP dilaksakan di Aula Balitkabi tanggal 9 Maret 2018 diikuti oleh pejabat eselon IV lingkup Balitkabi, ketua Kelti, tim KNAPPP, dan perwakilan peneliti. Prof. Arief Harsono selaku Plh. Kepala Balitkabi sekaligus sebagai penanggungjawab KNAPPP berkenan membuka acara ini. Beliau menyampaikan bahwa dengan telah diperolehnya akreditasi KNAPPP, maka banyak konsekuensi yang harus dilaksanakan.

Agenda KNAPPP dalam asesmen internal ini adalah menyampaikan: (1) Hasil audit internal, (2) Hasil kaji ulang manajemen, (3) Temuan ketidaksesuaian pada asesmen eksternal, (4) Pengaduan pelanggan, (5) Unsur-unsur penilaian peningkatan: output (keluaran) yaitu hasil litbang Balitkabi sampai dengan 5 tahun yang telah digunakan oleh masyarakat, impact (dampak) yaitu hasil litbang Balitkabi 5–10 tahun yang berdampak positif terhadap masyarakat, dan outcome (manfaat) yaitu hasil litbang Balitkabi >10 tahun yang berdampak positif terhadap masyarakat yang lebih luas, (6) Kesesuaian kompetensi SDM dengan bidang penelitiannya, (7) Kesesuaian sarana-prasarana, (8) Ketidaksesuaian dana, dan (9) Rencana penambahan ruang lingkup pascapanen dan sosial ekonomi.

Pada saat pelaksanaan audit internal tanggal 22 November hingga 12 Desember 2017 ditemukan 32 temuan yang terdiri dari 5 temuan mayor, 23 temuan minor, dan 4 observasi. Sebanyak 25 temuan sudah diperbaiki, sisanya sebanyak 7 temuan masih dalam proses perbaikan.

Tahun 2017 tidak ada pengaduan yang diterima. Pelayanan jasa penelitian mendapat predikat sangat baik dengan nilai 81,78. Bahkan untuk pelayanan UPBS, 100% menyatakan puas. Namun demikian untuk pelayanan laboratorium masih harus ditingkatkan karena meskipun 90,8% menyatakan puas, namun dari segi ketepatan waktu analisis harus ditingkatkan.

Semoga dengan terlaksananya KNAPPP dengan baik, Balitkabi semakin maju dan terpercaya…

KN