Berita ┬╗ Audit Eksternal SMM-SNI ISO 9001:2015

Kepala Balitkabi pada Audit Eksternal SMM-SNI ISO 9001:2015, 22 Februari 2021

Kepala Balitkabi pada Audit Eksternal SMM-SNI ISO 9001:2015, 22 Februari 2021

Balitkabi sebagai lembaga penelitian sekaligus lembaga pemerintah, yang juga memberikan pelayanan kepada publik, telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) dan ISO 9001:2015 dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatannya. Sebagai bentuk evaluasi terhadap penerapan dan pelaksanaan ISO 9001:2015 di Balitkabi, maka dilakukan Audit Eksternal mulai Senin, 22 Februari hingga Kamis, 25 Februari 2021.

Audit Eksternal dilakukan oleh auditor dari PT. Mutu Agung Lestari yang dipimpin oleh Bapak Budi Sarwono selaku ketua tim auditor, dan Ruslana Soekada selaku anggota. Audit Eksternal ini diselenggarakan secara daring melalui video conference dengan area audit meliputi Top Manajemen, Penanggung Jawab SMM, Sub Bagian Tata Usaha, Subkoordinator Substansi Pelayanan Teknis, Subkoordinator Substansi Jasa Penelitian, Kelompok Peneliti, dan Kebun Percobaan. Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari M.P., sebagai top manajemen merupakan salah satu auditee pada Audit Eksternal tahun 2021.

Dalam pemaparannya pada acara pembukaan audit, Budi Sarwono sebagai Ketua Tim Auditor menyampaikan, audit bertujuan bukan untuk mencari kesalahan tetapi memastikan setiap proses dan tahapan kegiatan di Balitkabi telah dilakukan sesuai aturan prosedur maupun standar baku yang telah ditetapkan, dengan melihat secara objektif berdasarkan bukti-bukti yang ada.  Disampaikan pula bahwa ISO hanya instrumen yang tidak akan memberi hasil optimal jika tidak digunakan secara maksimal. Lebih lanjut disampaikan jika terdapat temuan ketidaksesuaian dalam audit, jangan dianggap suatu kesalahan, namun perlu disikapi dan ditindaklanjuti dengan upaya perbaikan, sehingga Audit Eksternal juga sangat bermanfaat untuk memberi umpan balik, untuk mencapai kinerja yang optimal. Semoga kinerja Balitkabi semakin baik dan memberikan manfaat yang sebesar-sebesarnya kepada mitra Balitkabi.

AI

audit1 audit2
Ketua Tim Auditor (Budi Sarwono) dan auditee