Berita » Audit Internal ISO 9001:2015 UPBS Balitkabi Tahun 2021

Tanggal 23 Maret 2021 bertempat di ruang pertemuan UPBS Balitkabi, dilaksanakan pembukaan Audit Internal tahun 2021. Audit Internal dilaksanakan sebagai syarat pelaksanaan SMM ISO 9001:2015, dan untuk mempersiapkan serta mempertahankan status Akreditasi SNI UPBS. Lingkup Audit Internal adalah : Administrasi dan Keuangan, Produksi, Mutu Benih, Gudang Benih, dan Pemasaran.

Pembukaan Audit Internal UPBS Balitkabi dihadiri oleh Dr. Ir. Titik Sundari, MP. selaku Direktur UPBS, Ir. Trustinah, MP. selaku Wakil Direktur, semua jajaran manajer serta staf UPBS dan tim auditor. Tim auditor internal tahun 2021 dengan Lead Auditor Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D., terdiri dari Afik Setiawan, S.P., Didik Sucahyono, S.P., M.Si., Imam Suhadi, S. ST., Marida Santi Y.I.B., S.P., M.Agr., Siti Muzaiyanah, S.TP., M.P., dan Sri Wahyuningsih, S.P. Acara pembukaan Audit Internal dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

Dalam arahannya, Titik menjelaskan bahwa dalam sebuah organisasi sangat perlu dilakukan tinjauan manajemen agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Maka menjadi sangat penting keberadaan Sistem Mutu yang menjadi acuan dalam melaksanakan tata kelola. “Kepatuhan terhadap sistem yang telah dibuat menjadi faktor yang sangat penting agar tercipta keharmonisan di antara unit dan individu”, kata Titik.

Trustinah selaku Wadir UPBS mengatakan, Audit Internal merupakan agenda tahunan yang dilakukan untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu yang masih berjalan serta memastikan risiko terkait telah dikelola dan dikendalikan dengan baik. Menurut Joko, “Tugas sebagai auditor merupakan tugas mulia dan tanggung jawab bersama guna mendukung kinerja Balai”. Audit Internal dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan dokumen saat audit eksternal dan memastikan sistem manajemen mutu telah benar-benar dilaksanakan di UPBS Balitkabi.

Menurut definisi, Joko menyampaikan bahwa audit merupakan proses sistematis, obyektif, independen, dan terdokumentasi untuk mendapatkan rekaman, fakta atau informasi relevan lain serta kajian (assessment) yang obyektif untuk menentukan sejauh mana persyaratan acuan telah dipenuhi. Mengacu hal tersebut, Titik menegaskan bahwa tim auditor harus melaksanakan tugas dengan obyektif. “Katakan benar bila itu benar, dan salah bila itu salah”, kata Titik. Audit Internal dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Maret 2021. Semoga Audit Internal berjalan dengan lancar.

SW/KN

audit adit2
Pembukaan Audit Internal dan fasilitas UPBS Balitkabi