Berita » Audit Internal sebagai Pelaksanaan ISO 9001:2015 dan KNAPPP 02:2007

audit1Audit internal ISO 9001:2015 dan KNAPPP 02:2007 perlu dilakukan dalam rangka pengawasan dan pengendalian penerapan sistem mutu di Balitkabi. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua minggu mulai 23 Juli hingga 6 Agustus 2018. Ruang lingkup audit meliputi seluruh bagian balai, mulai dari Manajer Puncak (Kepala Balai), Tata Usaha, Pelayanan Teknis, Program, Jasa Pelayanan Penelitian, Kelompok Peneliti, dan seluruh kebun percobaan.

Langgeng Sutrisno, S.P., sebagai Plh. Kepala Balai dalam pembukaan audit internal menyampaikan bahwa Balitkabi terus berkomitmen untuk meningkatkan sistem manajemen mutu, salah satunya dengan kegiatan audit internal. Motivasi dari audit internal ditujukan dalam upaya perbaikan berkelanjutan demi mempertahankan predikat mutu yang telah didapatkan.

Ir. Joko Susilo Utomo, M.P., Ph.D., selaku lead auditor menambahkan bahwa audit internal bukanlah ajang untuk mencari kesalahan, tetapi mengaudit kelengkapan dokumen dan mengklarifikasi kesesuaian antara pelaksanaan dengan dokumen acuan. Temuan ketidaksesuaian internal diharapkan tidak lagi menjadi temuan dalam audit eksternal dan tidak ada temuan berulang. Audit dilaksanakan oleh 17 orang auditor dari tim ISO dan KNAPPP dengan metode wawancara, observasi, dan peninjauan dokumen atau bukti.

Pada dasarnya, Balitkabi sudah menerapkan sistem manajemen mutu sesuai standar ISO maupun KNAPPP. Namun, masih memerlukan perbaikan dan peningkatan di beberapa aspek.

Upaya mempertahankan predikat ISO dan KNAPPP bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi dengan tekad dan semangat yang tinggi, hal tersebut tentu dapat dilaksanakan.

Beberapa proses dalam kegiatan audit internal.

Beberapa proses dalam kegiatan audit internal.

PHP/SDL