Berita » Audit Internal UPBS Tahun 2017

Audit merupakan salah satu kegiatan rutin dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu di UPBS. Pada bulan Februari 2017 UPBS Balitkabi telah melaksanakan audit internal. Audit dilaksanakan selama 5 hari, dimulai tanggal 6 hingga 10 Februari 2017. Tim auditor internal terdiri dari 3 orang diketuai oleh Ir. Erliana Ginting, M.Sc. dengan Rahmi Yulifianti, S.TP. dan Ratri Tri Hapsari, M.Si. bertindak sebagai anggota auditor.

Plh. Kepala Balai Dr. Andy Wijanarko, dalam sambutan pembukaan audit berpesan untuk melaksanakan audit sebaik-baiknya, karena audit bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan yang sudah kita tuangkan dalam dokumen, dan melaksanakan kegiatan yang tertuang dalam dokumen.

Kegiatan audit terdiri dari pemeriksaan kesesuaian dokumen yang dilakukan oleh UPBS Balitkabi dan kunjungan lapang ke KP Ngale. Dalam proses audit, ditemukan 13 ketidaksesuaian yang terdiri dari temuan mayor, minor, dan observasi. Ketidaksesuaian yang ditemukan merupakan peringatan bagi kita, bahwa kita harus memperbaiki diri dalam bekerja agar lebih tertib dan lebih sesuai dengan yang tertuang dalam dokumen, sehingga tujuan manajemen mutu dapat tercapai.

Di penghujung acara, dilaksanakan penutupan audit pada tanggal 10 Februari 2017 oleh Kepala Balai Dr. Joko Susilo Utomo, M.P. Beliau menyampaikan bahwa ketidaksesuaian yang ditemukan agar segera ditindaklanjuti untuk menghadapi audit eksternal yang akan dilaksanakan pada akhir Februari 2017. Tak lupa Kepala Balai menyampaikan apresiasi kepada Tim Auditor yang telah meluangkan waktu untuk melaksanakan audit dan teliti dalam mengkoreksi dokumen, apresiasi juga diberikan kepada semua staf UPBS yang telah melaksanakan proses produksi benih dan audit dengan sebaik-baiknya.

berita_13-2-2017-a

Acara pembukaan audit internal (kiri), kegiatan audit di gudang UPBS Balitkabi (kanan)

 

Kegiatan audit ke KP Ngale (kiri), acara penutupan audit internal (kanan)

Kegiatan audit ke KP Ngale (kiri), acara penutupan audit internal (kanan)

 

Mita