Berita » Audit Sertifikasi Ulang UPBS Balitkabi

1-aaaaudit_smm_1

Badan Litbang Pertanian terus mendorong dan memperkuat kinerja UPBS, sebagai penyedia hasil inovasi litbang yang masif. UPBS Balitkabi telah menerapkan sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001: 2008 untuk memproduksi benih penjenis kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan ubikayu.

Audit sertifikasi ulang terhadap UPBS Balitkabi oleh Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (LSSM) Benih dan Bibit PT Agri Mandiri Lestari (AML) dengan auditor Bapak W. Widiatmoko didampingi Ir. Wiwi Dewi Solihati, M.Si, dilakukan pada 13–15 Maret 2013. Pada acara pembukaan auditor disampaikan dua hal penting pada audit saat ini yakni perpanjangan sertifikat dan perluasan ruang lingkup. Yang dipesankan adalah jangan sampai terdapat jeda kosong antara proses sertifikasi ulang dengan berakhirnya sertifikat untuk UPBS Balitkabi.


Personal lengkap UPBS hadir saat pembukaan audit, termasuk kepala Balitkabi yang merangkap sebagai direktur UPBS. Dilaporkan oleh Wakil Direktur, Anwari MS, bahwa kinerja UPBS Balitkabi semakin profesional dalam mempertahankan dan menjamin mutu serta pelayanan terhadap pelanggan. Pada sambutannya, Kepala Balitkabi, juga menyampaikan kebutuhan benih aneka kabi terus meningkat. Apalagi pemerintah telah menetapkan 2014 akan berswasembada kedelai, sehingga penyediaan benih dalam jumlah cukup kuantitas dan kualitas sangat diperlukan. Penambahan ruang lingkup untuk benih Kelas Dasar (FS) diharapkan akan ikut serta mengatasi pemenuhan kebutuhan benih kedelai.

Pada penutupan Audit Sertifikasi Ulang, masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian, walaupun dari sisi kuantitas sudah jauh menurun dibandingkan dengan audit sebelumnya. Auditor menyampaikan bahwa UPBS Balitkabi, memiliki kemampuan memadai, sumber daya manusia dan sumber daya kompetensi, sehingga harapan untuk lebih maju dan lebih profesional sudah ada di depan mata. Semoga UPBS Balitkabi akan semakin mampu melayani pelanggan.

MMA/AW