Berita » Audit Surveillance Penerapan ISO 9001:2015 di Balitkabi

isoAudit surveillance merupakan audit pemeliharaan yang bertujuan untuk memverifikasi konsistensi organisasi dalam menerapkan persyaratan standar yang telah ditetapkan. Pada tanggal 27‒31 Agustus 2018, Audit Surveilen kedua ISO 9001:2015 telah dilakukan di Balitkabi oleh Ibu Isyana Dewi dan Bapak Putra Darma dari lembaga Mutu Certification International.

Sejak tahun 2017, Balitkabi telah melakukan transisi ke ISO 9001:2015 dengan penambahan ruang lingkup Kebun Percobaan (KP) Genteng. Hingga saat ini (2018), Balitkabi terus meningkatkan sistem manajemen mutu dengan memperluas ruang lingkup dengan penambahan tiga KP, yaitu KP Kendalpayak, Jambegede, dan Ngale.

Acara audit surveillance dibuka dan ditutup oleh Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S., selaku Pimpinan Puncak dengan dihadiri oleh Pejabat Eselon IV, Ketua Auditor Internal, Ketua Program Penelitian, Ketua Kelompok Peneliti (Kelti), Koordinator KP Kendalpayak dan Jambegede, dan tim ISO Balitkabi. Selama lima hari audit, auditor melakukan wawancara dan observasi pada ruang lingkup Tata Usaha, Pelayanan Teknis, Jasa Penelitian, KP Kendalpayak dan KP Jambegede (Malang), serta KP Ngale (Ngawi).

iso1

Pada acara penutupan audit, Ibu Isyana menyampaikan hasil audit bahwa secara umum Balitkabi telah menetapkan sistem manajemen mutu sesuai mayoritas persyaratan standar SNI ISO 9001:2015. Walaupun sudah baik, tetapi sistem manajemen mutu yang dijalankan masih memiliki banyak ruang untuk perbaikan agar kepuasan pelanggan dapat tercapai. Ketidaksesuain mayor tidak ditemukan pada audit surveillance kali ini, hanya ada ketidaksesuaian untuk kategori minor dan saran/observasi. Oleh karena itu, Auditor merekomendasikan mempertahankan sertifikasi yang telah diterima Balitkabi, dengan terlebih dahulu menyelesaikan perbaikan.

Menanggapi temuan auditor, Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S. mengungkapkan akan segera menindaklanjuti temuan ketidaksesuain. Disampaikan juga bahwa beberapa temuan memang sudah dalam proses dikerjakan. Di akhir acara, Kepala Balitkabi menyampaikan apresiasi pada semua ASN yang ada di Balitkabi atas tidak adanya temuan mayor. Apresiasi juga disampaikan kepada auditor yang jeli dalam memotret kondisi di Balitkabi terutama untuk saran yang disampaikan sebagai bentuk peningkatan secara berkelanjutan. Semoga Balitkabi dapat terus maju dan berkibar di masa yang akan datang.

iso2

RTH