Berita » Balitkabi adakan Rakor Semester I 2018

rakorRapat Koordinasi (Rakor) Semester I 2018 Balitkabi dengan tema “Revitalisasi Balitkabi dalam Menyongsong Pencapaian Swasembada Kedelai 2020 dan Lumbung Pangan Dunia 2045” diselenggarakan pada 10‒11 Oktober 2018. Rakor dihadiri oleh Penjab RPTP/RDHP/RKTM, Koordinator Program, Koordinator Komoditas, Ketua Kelti, Pejabat Eselon IV, Penjab Kelembagaan Internal, seluruh Kepala Kebun Percobaan, seluruh Peneliti, dan Calon Peneliti. Dr. Yuliantoro Baliadi selaku Kepala Balai dalam sambutan pembukaan Rakor menyampaikan bahwa Rakor penting dilaksanakan selain karena merupakan amanah ISO Balitkabi juga untuk monitoring dan evaluasi kegiatan, perbaikan kinerja dalam mencapai target kegiatan, dan sebagai sarana menyampaikan informasi penting dari pusat.

Rakor kali ini berbeda dengan Rakor sebelumnya karena Balitkabi harus bersiap menyongsong swasembada kedelai Tahun 2020 dan Lumbung Pangan Dunia Tahun 2045. Tahun ini juga menjelang tahun terakhir Renstra penelitian 2015‒2019, sehingga kita dituntut hasil akhir (outcome). Tahun ini harus dimulai menginventarisasi hasil invensi apa yang telah tercapai.

Pada hari pertama, Rakor dibagi dalam dua sesi presentasi. Sesi pertama berisikan materi dari Forum Komunikasi Profesor Riset (FKPR) Balitkabi, SPI, UPBS, dan PPK. Prof. Arief Harsono dan Prof. Didik Harnowo mewakili FKPR menyampaikan materi mengenai Optimalisasi Kinerja Balitkabi Mendukung Pencapaian Swasembada Kedelai 2020 dan Lumbung Pangan Dunia 2045. Selanjutnya Dr. Yuliantoro Baliadi menyampaikan tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Penilaian Maturitas SPIP. Sedangkan pemaparan tentang kegiatan UPBS dipresentasikan oleh Ir. Trustinah, MS selaku Wakil Direktur UPBS. Sesi pertama ditutup oleh pemaparan Ir. Lawu Joko Santoso mengenai serapan anggaran. Sampai dengan awal Oktober 2018 tingkat serapan Balitkabi sudah mencapai 79,46% tertinggi diantara UPT dibawah Puslitbang Tanaman Pangan.

rakor1

Pada sesi kedua, dipresentasikan materi dari PUI (Pusat Unggulan Iptek) Akabi yang disampaikan oleh Dr. M. Muchlish Adie, Koordinator Program (Dr. Andy Wijanarko) menyampaikan tentang Program Penelitian 2015-2019 dan Renstra 2020‒2024, selanjutnya materi Perencanaan dan Evaluasi Kinerja Balitkabi TA 2015‒2017, Pelaksanaan 2018 dan Rencana 2019 dipaparkan oleh Ka. Yantek Dr. Rudi Iswanto, dan kegiatan kejaslitan dan diseminasi yang disampaikan oleh Ka. Jaslit Bambang Sri Koentjoro, S.P., M.Kom.

Di hari kedua disampaikan pemaparan Kinerja Kebun Percobaan (KP) oleh masing-masing koordinator KP. (KP. Ngale, KP. Jambegede, KP. Kendalpayak, KP. Muneng, dan KP. Genteng) dilanjutkan presentasi mengenai Ketatausahaan oleh Langgeng Sutrisno, SP selaku Ka. Subag TU. Rakor ditutup dengan penyampaian Rumusan Hasil Rakor oleh Tim Perumus yang diwakili oleh Eriyanto Yusnawan, Ph.D. Eriyanto mengungkapkan, beberapa hal yang perlu dilakukan segera di Balitkabi adalah: (1) Memperbaiki komunikasi di semua lini, baik vertikal maupun horizontal, (2) Skenario jitu serapan anggaran dalam sisa 2 bulan terakhir, (3) Mempersiapkan draft Renstra dan draft RPTP 2020–2024, (4) Sosialisasi jilid 2 untuk SPI, (5) Arahan Kabalai yang berhubungan dengan revitalisasi KP perlu ditindaklanjuti yaitu menyusun standar organisasi KP, aturan dan prosedur kerjasama penelitian di KP, pengukuran ulang aset KP, membuat peta terkini KP, dan memperbaiki format laporan KP.

rakor2

WR/RTH