Berita » Balitkabi akan Tampil Semarakkan Pentas Hortikultura 2012

1-horti-4

Aneka kabi (kedelai, kacang tanah dan kacang hijau) tidak hanya sebagai sumber nutrisi prima, seresahnya potensial sebagai pembenah tanah.  Pemanfaatan lahan di bawah tegakan jati, kayu manis, sawit, untuk budidaya kedelai, sudah diramu teknologinya oleh Balitkabi; hasil biji kedelainya, sudah tidak diragukan lagi.  Artinya manfaat ganda diraih, konservasi kesuburan tanah terjaga, petani mendapatkan tambahan pendapatan ekonomi dari kedelai. Bagaimana peluang pengembangan aneka kabi di bawah tegakan tanaman buah-buahan?

Puslitbang Hortikultura mengagendakan Pentas Hortikultura, awal Juli 2012 di Kebun Percobaan (KP) Subang, Jawa Barat.  Balitkabi akan ikut serta meramaikannya melalui pemanfaatan lahan di bawah tegakan pohon durian, untuk ditanami kedelai, kacang tanah dan kacang hijau, tidak tanggung-tanggung akan digelar 1250 m2.  Jarak tanaman durian 9 m x 9 m dengan tingkat naungan antara 20 hingga 35%.

Peneliti Balitkabi, Gatut Wahyu MP dan Salam SP, teknisi berada di KP Subang melakukan persiapan tanam hingga penanaman.  Komoditas kedelai dan kacang tanah ditanam pada tanggal 3 Mei 2012, jarak tanam yang digunakan 50 x 30 x 20 cm (double row) sepanjang 50 m, dengan tingkat naungan sekitar 10-20%. Varietas kacang tanah yang ditanam adalah Talam, Hypoma 1 dan Hypoma 2, varietas kedelai terdiri dari Grobogan, Argomulyo, Gema dan galur harapan kedelai toleran naungan (calon varietas).

Penaman kacang tanah di bawah tegakan pohon durian di KP. Subang

Aneka varietas unggul kacang hijau juga akan ditampilkan untuk meramaikan gelar Pentas Hortikultura. Lahan yang akan digunakan memiliki tingkat naungan 20 hingga 35%, rencananya akan ditanam  16 Mei 2012, terdiri dari varietas Vima 1, Sriti, dan Kutilang. Rencana gelar teknologi akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli maka tanaman kacang hijau akan berumur 50 hari, sedangkan umur kedelai dan kacang tanah 61 hari. Semoga berhasil….

Penanaman kedelai di KP. Subang