Berita » Balitkabi Angkat Metode Analisis Protein Kedelai pada PIT dan AMTeQ LIPI di Surabaya

Annual Meeting on Testing and Quality (AMTeQ) yang rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2006 oleh Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) LIPI, tahun 2014 ini diperbesar menjadi even regional, yakni Pekan Inovasi Teknologi (PIT) bekerja sama dengan Balitbangda Propinsi Jawa Timur dan KADIN Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan tanggal 23-26 Oktober 2014 di Hotel Ibis dan Dyandra Convention Center, Surabaya dengan tema “Peningkatan Daya saing Daerah dalam Menyongsong ASEAN Economic Community (AEC) 2015” yang meliputi pelatihan, seminar, pameran teknologi, sosialisasi HAKI, bincang instrumentasi, kalibrasi dan metrologi, temu bisnis serta penandatanganan beberapa MOU. Pembukaan PIT secara resmi dilakukan oleh Kepala LIPI, Prof. Dr. Ir. Lukman Hakim, M.Sc pada tanggal 25 September dan dihadiri oleh Asisten Gubernur Jawa Timur, bupati/walikota beberapa daerah di Jatim, Deputi Kepala Standarisasi dan Pengujian Badan Standarisasi Nasional (BSN), Kepala Balitbangda Jatim, Ketua KADIN Jatim, nara sumber (Prof. Dr. Ir. Ing. Frank B.J. Leferink dari University of Twente, Belanda), dan sekitar 200 peserta seminar dari LIPI, BATAN, BPPT-RISTEK, Perguruan Tinggi, lembaga penelitian, termasuk Balitkabi, pemerintah daerah, praktisi/pengusaha dan lain-lain. Ketua LIPI menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para peneliti, pengguna, industri, dan pengambil kebijakan sehingga dapat terwujud kerjasama yang baik dalam memanfaatkan inovasi teknologi dan melibatkan sistem mutu dan teknik pengujian dalam menghasilkan produk teknologi yang dapat bersaing secara internasional, termasuk produk-produk lokal daerah/UMKM agar siap menyongsong AEC 2015. LIPI telah menghasilkan sekitar 300 paten sehingga teknologi tersebut perlu dikembangkan di sektor riil (bisnis) dan relatif lebih murah daripada menggunakan paten yang berasal dari luar negeri. Beliau juga menekankan perlunya peningkatan alokasi dana untuk penelitian dan realisasi dana penelitian sebesar 1% dari produk domestik bruto (PDB) karena dana penelitian di Indonesia masih tergolong rendah bila dibandingkan dengan India, China dan Korea Selatan yang mencapai 2-5% dari PDB.


Kepala LIPI, Prof. Dr. Ir. Lukman Hakim menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi PIT dan AMTeQ di Surabaya (kiri dan tengah)
dan Prof. Dr. Ir. Ing. Frank B.J. Leferink dari University of Twente, Belanda mempresentasikan materi mengenai Electro-Magnetic Compatibility (kanan).


Pintu masuk pameran dan gerai Kebun Raya Purwodadi, LIPI (kiri dan tengah) serta salah satu mobil listrik (kanan)
yang ditampilkan pada pameran PIT dan AMTeQ 2014. Pada kegiatan seminar, dipresentasikan secara oral sebanyak 40 makalah yang dibagi dalam tiga kelompok, yakni sistem mutu dan managemen, instrumentasi dan teknik pengujian. Peneliti Balitkabi, Erliana Ginting dan Rahmi Yulifianti berbagi informasi mengenai ”Penentuan kadar protein galur-galur harapan kedelai dengan metode Kjeldahl dan Dumas” yang sebagian kegiatannya dilaksanakan di National Institute of Crop Science, Miryang, Korea Selatan dalam rangka penelitian kerjasama AFACI Badan Litbang Pertanian dengan Rural Development Administration (RDA), Korea Selatan. Makalah ini disampaikan sebagai wujud kontribusi Laboratorium Pengujian Kimia Pangan Balitkabi yang telah terakreditasi oleh KAN (LP-518-IDN) dalam kegiatan/pertemuan teknik pengujian tingkat nasional dan merupakan satu-satunya yang berasal dari bidang pertanian. Respon peserta seminar cukup baik, demikian pula saran untuk menggunakan alat preparasi sampel (sample mill) yang mampu menghasilkan sampel dengan ukuran partikel sangat kecil (nanogram). Alat ini telah diproduksi oleh LIPI dengan nama Shaker Mill PPF Ultimate Gravity dan relatif jauh lebih murah harganya dibandingkan dengan alat Hi-speed Vibrating Sample Mill TI-100 yang digunakan untuk preparasai sampel di Korea. Secara umum, saling tukar informasi melalui kegiatan seminar ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan network peneliti Balitkabi.


Ir. Erliana Ginting M.Sc menyampaikan paparannya mengenai “Penentuan kadar protein galur-galur harapan kedelai dengan metode Kjeldahl dan Dumas” (kiri)
dan alat preparasi sampel Shaker Mill PPF Ultimate Gravity yang diproduksi oleh LIPI (tengah dan kanan).

EG/EY