Berita » Balitkabi Balitbangtan selenggarakan Sosialisasi JKK dan JKM

jkkBertempat di Aula balitkabi pada 21 September 2018, diadakan Sosialisasi dua program terbaru dari PT Taspen, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Acara yang diprakarsai oleh Kabag Kepegawaian Badan Litbang Pertanian Kementan, Ir. Wahid Bambang Gunawan M.Si. dihadiri oleh seluruh ASN Balitkabi serta perwakilan ASN dari UPT lingkup Balitbangtan di Jawa Timur (BPTP, Balitjestro, Balittas, dan Lolit Sapo). Kedua program tersebut di disosialisasikan oleh Tim dari BKN Kanreg-2 Surabaya dan PT Taspen. Pemaparan materi diawali oleh narasumber dari BKN Kanreg-2 Surabaya Dra. Suksesti Sugiarti, M.Si., yang menyampaikan tentang Program JKK dan JKN ASN sesuai PP No. 70 Tahun 2015 serta pentingnya pemahaman hak dan kewajiban ASN. Selanjutnya penjelasan lebih mendalam mengenai JKK dan JKM disampaikan oleh Eny Purwanti mewakili PT Taspen.

jkk1

Program JKK merupakan perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau sakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat. Kecelakaan kerja yang dimaksud harus memenuhi kriteria: kecelakaan dalam menjalankan tugas kewajiban, dalam keadaan lain yang ada hubungannya dengan dinas, karena perbuatan anasir yang tidak bertanggung jawab ataupun sebagai akibat tindakan terhadap anasir itu dalam melaksanakan tugas, dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya, dan mengalami penyakit akibat kerja. Sedangkan kriteria tewas adalah meninggal dunia: dalam menjalankan tugas kewajibannya, dalam keadaan yang ada hubungannya dengan dinas, dan meninggal dunia karena perbuatan anasir yang tidak bertanggung jawab ataupun sebagai akibat tindakan terhadap anasir itu. Program JKM adalah Perlindungan atas resiko kematian Bukan akibat kecelakaan kerja Berupa santunan kematian. Manfaat lebih program JKK dan JKM berdasarkan PP 70 Tahun 2015 dan PP 66 Tahun 2017 bagi ASN atau ahli warisnya adalah: Santunan kematian Rp 15.000.000, uang duka wafat 3 kalı gajı, dan biaya pemakaman Rp 7.500.000, serta meninggal dunia pada kepesertaan aktif dan memenuhi masa iuran minimal selama 3 tahun mendapat manfaat Beasiswa bagi 2 (dua) orang anak sebesar Rp 15.000.000. Kadaluwarsa klaim untuk JKK dan JKM adalah 2 tahun terhitung sejak tanggal kejadian.

Pada sosialisasi tersebut disampaikan juga tentang penggunaan dan manfaat kartu peserta taspen smart, yaitu: peserta dapat mengetahui semua jenis layanan program THT, pensiun, JKK dan JKM yang dikelola oleh PT Taspen (Persero) dan peserta dapat mengetahui informasi data diri dan keluarga yang terdaftar. Pada kesempatan tersebut juga dilakukan sosialisasi tentang Bank Mantap (Mandiri Taspen) yang merupakan bentuk kerjasama Bank Mandiri dan PT Taspen yang bertujuan untuk menyediakan pelayanan kepada ASN aktif, pra-pensiun maupun pensiunan.

jkk2

WR/RTH