Berita » Balitkabi dan Tim PVT Berkoordinasi Sempurnakan Panduan Pelaksanaan Uji BUSS Ubi Jalar

Uji BUSS (Baru, Unik, Seragam, dan Stabil) dilaksanakan untuk mendapatkan hak PVT (Perlindungan Varietas Tanaman). Dalam rangka meningkatkan pelayanan PVT, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (Pusat PVTPP) akan melakukan penyempurnaan Panduan Pelaksanaan Uji BUSS (PPU BUSS) salah satunya untuk komoditas ubi jalar. Berkaitan dengan hal tersebut, pada Kamis 13 Juli 2017 dua orang pemeriksa PVT yaitu Nurdini Khadijah, S.P., M.P. dan Desigunawan, S.P. berkunjung ke Balitkabi untuk berkoordinasi dan melakukan verifikasi metode karakterisasi yang sudah ada dalam PPU BUSS sebelumnya.

Diskusi dengan Kepala Balitkabi.

Diskusi dengan Kepala Balitkabi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Balitkabi (Dr. Joko Susilo Utomo) menugaskan koordinator aneka umbi (Prof. Dr. Sudaryono) beserta  para peneliti ubi jalar (Tinuk Sri Wahyuni, S.P., M,P., Dr. Febria Cahya Indriani, dan Wiwit Rahajeng, S.P.) untuk mendiskusikan hal tersebut. Pada pelaksanaan uji BUSS ubi jalar seringkali tim pemeriksa PVT menemui kesulitan dalam membedakan materi genetik yang diajukan oleh pemohon bila menggunaan PPU BUSS yang sudah ada. Diskusi yang berlangsung mulai pukul 09.00–16.00 WIB menghasilkan kesepakatan yang digunakan sebagai dasar penyempurnaan PPU BUSS.  Hasil perbaikan buku pedoman (PPU BUSS) diharapkan dapat mempermudah Tim Pemeriksa di dalam melaksanakan tugasnya selain itu juga memberikan manfaat bagi para pemohon hak PVT terhadap karyanya.  Selain kegiatan diskusi juga dilakukan karakterisasi ubi jalar secara langsung di lapang.

Diskusi dengan kepala Balitkabi, Klarifikasi Karakter ubi jalar di lapang, Foto bersama Tim PVT, Peneliti, dan Ka. Balitkabi

Diskusi dengan kepala Balitkabi, Klarifikasi Karakter ubi jalar di lapang, Foto bersama Tim PVT, Peneliti, dan Ka. Balitkabi

Pada akhir acara Kepala Balai berkenan memberikan saran-saran dan menyatakan dukungannya untuk peningkatan kerja sama antara Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi dengan  Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian.

Sebagai lanjutan kegiatan tersebut, hasil diskusi akan dipresentasikan pada “Pembahasan Penyusunan dan Penyempurnaan PPU BUSS” pada tanggal 18−19 Juli 2017 di BB Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian, Bogor. Pada acara tersebut Dr. Febria Cahya Indriani (peneliti ubi jalar Balitkabi) diundang sebagai perwakilan pakar ubi jalar. Buku panduan yang telah disempurnakan tersebut diharapkan akan segera disahkan sehingga segera dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

FCI/WR