Berita » Balitkabi Gelar Bimtek Penulisan Kreatif

dsc_7608

Bertempat di Aula Balitkabi, pada Kamis 26 September 2019 diselenggarakan Bimbingan Teknis Penulisan Kreatif. Bimtek Penulisan Kreatif ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan peserta terutama para peneliti dalam penulisan ilmiah populer berdasarkan Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Ir. Mukhlis MBJ, Narasumber Bimtek Penulisan Kreatif

Ir. Mukhlis MBJ, Narasumber Bimtek Penulisan Kreatif

Bimtek yang dilaksanakan selama sehari penuh tersebut menghadirkan Ir. Mukhlis MBJ, jurnalis handal Tabloid Sinar Tani. Kegiatan ini diikuti 25 peserta yang terdiri dari peneliti ahli pertama dan ahli muda, Tim Jaslit, serta tenaga administrasi.

Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi membuka Bimtek Penulisan Kreatif

Kepala Balitkabi, Dr. Yuliantoro Baliadi membuka Bimtek Penulisan Kreatif

Bimtek Penulisan Kreatif dibuka oleh Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S. Disampaikan Yuliantoro bahwa di era sekarang ini indikator keberhasilan kinerja Kementerian/Lembaga dapat diukur dari tulisan yang dimuat di media massa. Dengan kata lain “citra Kementerian/Lembaga dapat ditingkatkan melalui jurnalistik”. Balitkabi sebagai Lembaga Penelitian yang mempunyai mandat komoditas Akabi wajib menginformasikan hasil inoteknya kepada pengguna. Media jurnalistik merupakan wadah yang tepat untuk penyebarluaskan informasi tersebut ke masyarakat, selain dengan cara berjenjang melalui Puslitbangtan, Balitbangtan dan Kementan.

Ir. Mukhlis, MBJ mengawali materi dengan membagi tulisan jurnalistik ke dalam 4 bentuk, yaitu: Berita Spot News (5W + 1 H), Reportase, Ilmiah Populer, dan Feature. Selanjutnya masing-masing bentuk tulisan tersebut dijelaskan lebih mendetail, dari teori dan teknik hingga contoh-contoh penulisan. Pada sesi pertama semua peserta diminta membuat judul dan head Berita Spot News. Sekitar 50% tulisan peserta dinyatakan sudah mendekati kaidah penulisan Berita Spot News. Pada sesi selanjutnya peserta juga diminta untuk membuat dan mempresentasikan tulisan Ilmiah Populer dari tulisan Jurnal Ilmiah, menurut mukhlish hasilnya juga cukup memuaskan.

Pada penutupan Kepala Balitkabi menyampaikan semoga Bimtek Penulisan Kreatif ini bermanfaat bagi peserta. Kepala Balitkabi mengharapkan peserta Bimtek mampu menuangkan ide-ide luar biasa dalam berbagai ragam artikel dengan tetap mengikuti kaidah jurnalistik, sehingga memperkuat web Balitkabi, mampu menjadi kontributor berita di Puslitbangtan, Balitbangtan sekaligus kontributor berita untuk Sinar Tani maupun media-media Nasional lainnya.

Suasana Bimtek Penuliasan Kreatif

Suasana Bimtek Penuliasan Kreatif

Suasana penugasan kelompok

Suasana penugasan kelompok

WR