Berita » Balitkabi Gelar Teknologi Hari Ketiga Penas XV di Aceh

penasiiiPada hari ketiga Senin tanggal 8 Mei 2017 pengunjung dan peserta PENAS masih sangat antusias untuk mendatangi baik demplot pertanaman maupun di stand Balitkabi.

Peserta yang berkunjung baik di demplot pertanaman maupun di stand Balitkabi kurang lebih sekitar 450 orang dari berbagai kalangan, antara lain Dinas Pertanian, penyuluh, penangkar benih dan petani se-provinsi di Indonesia serta mahasiswa, TNI dan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan ini Balitkabi menampilkan demplot pertanaman dan benih kedelai dan kacang hijau, adapun di stand pameran disajikan contoh benih kedelai dan kacang hijau serta publikasi aneka kacang dan umbi dari teknologi budidaya, proses perbenihan hingga pasca panen.

Dari sekian banyak pengunjung pada umumnya mereka sangat senang dan puas dengan informasi dan solusi yang diberikan oleh pemandu lapang Balitkabi. Disamping itu para pengunjung ini masing-masing diberikan tas yang berisikan publikasi tentang tanaman aneka kacang dan umbi, bahkan bila ada pengunjung yang benar-benar berminat ingin  menanam dan mengembangkan kedelai dan kacang hijau mereka diberi benih secara gratis.

Dengan adanya kegiatan seperti ini akhirnya petani banyak mengetahui perkembangan teknologi budidaya dan varietas unggul baru tanaman aneka kacang dan umbi. Bahkan ada beberapa petani memberikan komentar terhadap varietas unggul baru kedelai dengan mengatakan sekarang untuk bertanam kedelai bisa dilakukan pada semua jenis dan kondisi lahan karena sudah banyak varietas kedelai yang spesifik dengan jenis dan kondisi lahan.

penasiii1

Dalam berpartisipasi serta ikut mensukseskan kegiatan PENAS ini Balitkabi yang dikomandani oleh Abdullah Taufiq dan dibantu oleh Runik Dyah Purwaningrahayu, Suhartina, Joko Restuono, Suntono, Purwono dan Sugianto dengan semangat dan sabar memberikan informasi dan solusi kepada setiap pengunjung yang memerlukan dan membutuhkan sehingga diharapkan pengunjung senang dan puas dengan informasi yang diberikan.

penasiii2

AT