Berita » Balitkabi Hadir di Grand Launching TTP Plus Gresik

Menteri Pertanian dan Gubernur Jawa Timur mengunjungi stand pameran Balitkabi

Menteri Pertanian dan Gubernur Jawa Timur mengunjungi stand pameran Balitkabi

Alhamdulillah, stand Pameran Balitkabi di acara penandatanganan prasasti dan grand launching Taman Teknologi Pertanian (TTP) Plus ke Pemda Gresik dikunjungi oleh orang nomor satu di Kementan, Dr. Andi Amran Sulaiman, M.P. dan orang nomor satu di Jawa Timur, Soekarwo, beserta rombongan. Amran sangat tertarik dengan tampilan benih-benih varietas kedelai modern terbaru, selain aneka produk olahan komoditas umbi.

Stand Balitkabi dikunjungi oleh petani, penyuluh, dan staf Dinas Pertanian. Membuktikan bahwa benar acara launcing TTP Plus menghadirkan 40 Kelompok Tani dari 20 Kabupaten se Jawa Timur dan mereka mengunjungi seluruh stand termasuk stand inovasi akabi dari Balitkabi.

Menariknya, aparat TNI AD, Kepolisian, serta Petugas Sekuriti sering terlihat dan terlibat diskusi dengan peneliti Balitkabi Rahmi Yulifianti, S.TP. dan Nurhayati, S.P., M.P. tentang koleksi dan keunggulan varietas-varietas unggul baru kedelai yang ditampilkan. Memang sebagian besar hanya kenal varietas Anjasmoro di daerahnya.

Pengrajin sekaligus pengusaha UKM minat dengan berbagai produk olahan aneka umbi, bahkan masih banyak pengunjung stand baru paham bahwa umbi-umbi tersebut dapat diolah menjadi beragam olahan pangan dan menurut pengunjung stand, penampilannya cantik dan rasanya enak.

Tim Kreasi Balitkabi memang selalu tampilkan inovasi-inovasi kekinian agar pangan lokal umbi bisa kembali hadir di tengah keluarga bukan hanya sebagai substitusi pangan karbohidrat tetapi juga sumber vitamin dan mineral untuk kecukupan asupan gizi masyarakat. Pameran ini merupakan ajang diseminasi yang sangat efektif untuk menunjukkan inovasi aneka kacang dan umbi.

Semangat kibarkan pangan lokal…

berita_9_8_18b

YB