Berita ยป Balitkabi Hadiri Pelatihan QR Code

Pelatihan QR Code (Quick Respons) dilaksanakan 27-28 Februari 2021 di Hotel Savero (Depok, Jawa Barat), dan diikuti oleh 16 peserta yang berasal dari dari tujuh instansi (Balitkabi, Balitsereal, PT. Maju Makmur, PT. Arindo Utama Perkasa, PT. Primasid Andalan Utama, PT. Shriram Genetics, dan PT. Sterling Agritech Indonesia). Dua ASN Balitkabi yang hadir adalah Siti Muzaiyanah, S.P., M.P. (mewakili UPBS) dan Abi Supiyandi, S.Komp. (Jaslit). Dibuka secara daring oleh Direktur Perbenihan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, yang dalam arahannya beliau menghimbau bahwa 80% benih di Indonesia harus bersertifikat dan harus ditingkatkan pengawasannya, terutama mutu benih. Kedepan, sertifikat benih harus bisa dilakukan menggunakan QR Code, sehingga dapat meminimalkan pemalsuan benih dan memudahkan pemantauan benih di lapang.

QR Code sudah disusun mulai Juli 2019, diuji coba di tahun 2020, dan harapannya bisa diterapkan di tahun 2021, terutama untuk kegiatan bantuan benih. Keunggulan dari aplikasi QR Code antara lain: dapat meminimalisir pemalsuan label, efisiensi waktu pengawasan dan monitoring, menghindari kesalahan teknis yang biasanya terjadi pada sistem manual (human error), lebih cepat dalam pengambilan keputusan, dan database dapat terintegrasi, sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja, ungkap Koordinator Fungsional Pengawasan Mutu Benih, Catur Setiawan, S.TP., M.Si. Dalam kegiatan ini, praktek pembuatan QR Code dibimbing langsung oleh Afdhal Huda (programmer IT Direktorat Jenderal Tanaman Pangan).

Penggunaan aplikasi QR Code dapat meningkatkan pengawasan terhadap peredaran distribusi benih, demikian pula dapat stok yang tersisa. Kedepan, dengan menerapkan aplikasi QR code melalui situs simperbenihan.net ini diharapkan dapat mempermudah akses informasi perbenihan di Indonesia, karena melalui situs ini semua data perbenihan di seluruh Indonesia akan terintegrasi menjadi satu, sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pengambilan kebijakan terkait perbenihan di Indonesia.

SM/AbiS

qr qr2
Peserta pelatihan QR Code.