Berita » Balitkabi Ikuti Asistensi Perbaikan Deskripsi Paten

Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (BPATP) sebagai institusi yang bertugas mengelola perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) lingkup Balitbangtan, melaksanakan Asistensi Perbaikan Deskripsi Paten di Kantor Direktorat HKI Kementerian Hukum dan HAM Jakarta tanggal 16‒17 Maret 2017. Acara dibuka oleh Kepala BPATP Bogor, Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari M. Si. dan dihadiri oleh sekitar 35 orang peserta yang terdiri atas para inventor teknologi (paten) lingkup Balitbangtan, diantaranya dari BB Pascapanen, BB Mektan, Balitkabi, Balittas, Balitnak, Balithi, Balitra, BPTP Sumbar, BPTP Jambi, BPTP NTT, dan pendamping asistensi dari Direktorat HKI Kementerian Hukum dan HAM.

Dr. Retno mengharapkan semua dokumen dapat selesai diperbaiki dan dilengkapi selama asistensi. Hal ini penting segera dilakukan karena menurut Kepala Sub. Bid. Pemeriksaan Paten, Dr. Mercy Marfel, S.H., M.Si, paten yang diusulkan tahun 2011 akan ditutup pada tahun 2017 karena sudah melebihi waktu yang ditentukan dalam UU. Artinya, teknologi yang diusulkan paten tersebut tidak dapat diteruskan lagi pengusulannya. Dr. Mercy Marfel menambahkan bahwa dalam kurun waktu Bulan Januari−Februari 2017, permohonan paten domestic meningkat hingga 100%. Beliau berharap agar jajaran peneliti Balitbangtan lebih giat lagi dalam pengusulan paten. Inovasi teknologi tidak selalu harus canggih, namun jika manfaatnya besar meskipun sederhana dapat diusulkan patennya.

Balitkabi mengusulkan tiga paten sederhana yang proses pengusulannya telah dimulai sejak 2014, yakni: (1) Formula dan proses pembuatan tiwul instan dengan inventor Ir. Erliana Ginting, M.Sc. dkk., (2) Formula dan pembuatan roti manis kimpul dengan inventor Ir. Erliana Ginting M.Sc.dkk., dan (3) Formula pupuk hayati berbahan utama Rhizobium dan proses pembuatannya dengan inventor Prof. Dr. Arief Harsono dkk.

Diharapkan, ketiga usulan paten dari Balitkabi tersebut dapat segera diperoleh sertifikatnya.

Dr. Mercy Marfel, S.H., M.Si dan Dr. Ir. Retno S.H. Mulyandari, M.Si. pada acara pembukaan Asistensi Perbaikan Deskripsi Paten Lingkup Balitbangtan.

Dr. Mercy Marfel, S.H., M.Si dan Dr. Ir. Retno S.H. Mulyandari, M.Si. pada acara pembukaan Asistensi Perbaikan Deskripsi Paten Lingkup Balitbangtan.

Peserta asistensi, yakni inventor paten dari berbagai UPT Lingkup Balitbangtan.

Peserta asistensi, yakni inventor paten dari berbagai UPT Lingkup Balitbangtan.

 

DS/EG