Berita » Balitkabi Ikuti Halal Bi Halal Idul Fitri 1441 H Secara Virtual dengan Kementan, Balitbangtan dan Puslitbangtan

Staf Balitkabi Ikuti Halal Bi Halal Virtual dengan Kementan, Balitbangtan dan Puslitbangtan,Selasa, 26 Mei 2020

Staf Balitkabi Ikuti Halal Bi Halal Virtual dengan Kementan, Balitbangtan dan Puslitbangtan,Selasa, 26 Mei 2020

Selasa, 26 Mei 2020 menjadi momen yang tidak dapat dilupakan oleh keluarga besar Balitkabi, pertama kali dalam sejarah mengikuti acara Halal Bi Halal secara virtual, melalui Video Conference (Vidcon) dengan Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si (SYL), Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si dan Kepala Puslitbang Tanaman Pangan Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA beserta jajarannya masing-masing di waktu dan tempat yang berbeda.

Halal Bi Halal virtual dihadiri oleh seluruh ASN Balitkabi di ruang Aula Balitkabi mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Acara pertama adalah Halal Bi Halal Kementan dilaksanakan dari Ruang Agriculture War Room (AWR), Gedung A Lantai 2 Kementerian Pertanian. Laporan dari Sekretaris Jenderal Kementan, Dr. Ir. Momon Rusmono, MS mengawali acara halal Bi halal Kementan. Sekjen kementan tersebut menyampaikan bahwa halal bi halal kali ini merupakan halal bi halal pertama yang dilaksanakan secara virtual dengan peserta lebih dari 503 titik (lebih dari 500.000 orang) terdiri dari pejabat eselon 1, 2, 3 dan kepala UPT dan jajarannya dari Sabang sampai Merauke. “Marilah kita meningkatkan ketaqwaan dan kesabaran dan selalu berdoa agar pandemi COVID-19 segera berakhir dan ketahanan pangan tetap aman” kata Dr. Momon Rusmono mengakhiri laporannya.

Sambutan Menteri Pertanian, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si, diawali dengan penyampaian ucapan selamat hari raya Idul Fitri bagi semua keluarga Kementerian Pertanian di seluruh Indonesia . “Tidak ada manusia yang sempurna, dalam perjalanannya, pasti pernah melakukan kesalahan dan kekeliruan. “Mohon maaf apabila saya ada salah dan khilaf di tahun pertama di Kementan, hari ini harus lebih baik dari yang kemarin,” ucap Mentan SYL. Beliau juga memberikan semangat kepada seluruh staf Kementan untuk terus bersemangat dan tidak boleh mundur setapakpun meski dalam kondisi terbatas. “Mulai hari ini tancap gas, tidak boleh berpikir dan bertindak biasa, berpikir out of the box untuk memenuhi pangan 267 juta orang penduduk Indonesia. Kita tidak boleh membiarkan bangsa yang besar ini terseok- seok” tegas SYL. Kita sedang memasuki dunia baru bukan hanya diksi atau terminology, tetapi dunia baru yaitu robot construction. Dunia baru ini memiliki fasilitas teknologi, fasilitas e-research, fasilitas free engine, artificial intelligence yang kita sebut dengan dunia virtual. Ke depan kita harus siap dan segera beradaptasi. “Kita harus bekerja lebih keras, hadir untuk petani dengan hati dan empati serta keberpihakan pada mereka. “Pangan ini bukan masalah yang selesai dalam waktu singkat, 1-2 dua tahun ke depan kita harus bekerja ekstra agar pangan aman” lanjut SYL dengan penuh semangat. Di akhir sambutan, Mentan mengajak agar kita menghadapi tantangan situasi pandemi COVID ini dengan Kekuatan Pertanian, ‘Pertanian Ada, Negara Hadir di Situasi Apapun’.

Acara inti halal bi halal dengan tausyiah disampaikan oleh Ustad Muhammad Nur Maulana dengan tema “Idul Fitri Momentum Memperkuat Sinergi Dan Etos Kerja Insan Pertanian Menghadapi COVID-19”. Diawali penyampaikan selamat Idul Fitri kepada seluruh jajaran Kementerian Pertanian oleh Ustadz yang kerap mengisi acara tausiah di Televisi tersebut. Dalam tausyiahnya, beliau menjelaskan bahwa kegiatan bertanam adalah kegiatan amal jariah, dimana kita memberi makan makhluk hidup, sehingga berpeluang memperoleh pahala hingga kita meninggal. Ustadz Maulana mengajak semua warga Kementan lebih bersemangat serta ikhlas dalam menjalankan kewajiban, sebagai petugas yang memastikan bahwa penduduk Indonesia tidak kelaparan dengan keamanan pangan. Dengan semangat kerja dan keikhlasan, maka hakikat fitri dapat diraih. Doa bersama dilantunkan semoga pandemi segera berakhir serta Indonesia terhindar dari krisis pangan.

halbil2 halbil3
 Suasana Vidcon Halal Bi Halal Kementan dengan Dr. Syahrul Yasin Limpo

Video conference selanjutnya adalah halal bi halal lingkup Puslitbang Tanaman Pangan bersama Kepala Puslitbang Tanaman Pangan Dr. Haris Syahbuddin DEA beserta staf bertempat di kantor Puslibang Tanaman pangan Bogor diikuti oleh empat UPT Puslitbangtan yaitu : BB Padi, Balitkabi, Balitsereal, dan Lolit Tungro di tempat masing-masing. Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Puslitbang Tanaman Pangan Dr. Haris Syahbuddin, dilanjutkan dengan laporan dari masing-masing UPT terkait kegiatan yang telah dilakukan. Kepala Puslitbang Tanaman Pangan menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri dan permohonan maaf kepada seluruh UPT Puslitbang Tanaman Pangan dan juga menyampaikan perkembangan kegiatan dan arah kegiatan ke depan. Laporan dari masing-masing UPT dimulai dari BB Padi, Balitkabi, Balitsereal dan Lolit Tungro terkait kegiatan yang sedang dilaksanakan. Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri dan permohonan maaf lahir batin kepada seluruh keluarga besar Puslitbang Tanaman Pangan, juga disampaikan terima kasih kepada Kepala Puslitbang Tanaman Pangan dengan dukungan dan arahannya sehingga 3 proposal dari Balitkabi lolos dalam seleksi LPDP.

halbil4 halbil5
 Suasana Vidcon Halal Bi Halal dengan Puslitbang Tanaman Pangan dipimpin Dr. Haris Syahbuddin, DEA

Virtual Halal Bihalal yang terakhir pada pukul 15.00 -16.00 WIB bersama Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Ir. Fadjry Djufry,M.Si yang diikuti oleh seluruh UPT Badan Litbang, yaitu Puslitbang, Balai Besar, Balai Penelitian/Loka Penelitian serta Balai Pengkajian Teknologi Pertanian yang tersebar di seluruh Indonesia. Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Fadjry Djufry mengucapkan selamat Idul Fitri dan permohonan maaf kepada seluruh staf Balitbangtan dan arahan agar seluruh staf tetap bersemangat untuk tetap bekerja selama kondisi pandemi COVID-19. “Pemotongan anggaran Badan Litbang dialokasikan untuk penanganan Covid-19, mohon seluruh ASN Badan Litbang Pertanian tetap semangat karena ada banyak hikmah yang dapat dipetik dari kondisi ini” ujar Fadjry Djufry. Walaupun di tengah pandemi, Badan Litbang Pertanian berhasil menghasilkan produk dari Eucalyptus untuk penyembuhan dan pencegahan penularan COVID-19. “Badan Litbang Pertanian dengan cepat dapat mempatenkan 4 produk yang hasilnya sangat dinantikan masyarakat untuk mengatasi COVID-19, ini pencapaian yang luar biasa”, kata Fadjry Djufry. “Seluruh UPT Badan Litbang di daerah merupakan Wakil Menteri di daerah, sehingga ketika masyarakat membutuhkan jawaban, kita harus bertanggung jawab karena kita membawa nama Menteri Pertanian,” lanjut Kepala Badan Litbang Pertanian. Oleh karena itu Beliau meminta agar semangat ASN terus dijaga, dan siap siaga selalu melayani petani.

halbil6
halbil7 halbil8
 Suasana Vidcon Halal Bi Halal dengan Balitbangtan dipimpin Kepala Balitbangtan Dr. Ir. Fadjry Djufry,M.Si

AA/EU