Berita » Balitkabi Ikuti Temu Teknis Pustakawan Lingkup Kementan 2019

temtek

Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian 18−21 Juni 2019 di Surabaya

Era Industri 4.0, dicirikan dengan industri berbasis digital, ilmu komputer, Internet of Things (IoT), dan analisa big data. Perpustakaan harus mampu menyediakan informasi IPTEK pertanian dengan sistem berbasis digital dan memanfaatkan teknologi big data. Perlu adanya perubahan dalam penyebaran informasi dan diseminasi, yang berspektrum luas serta mudah diakses oleh pengguna secara online. Selain itu juga diperlukan penguatan sistem jejaring kolaborasi antar pelaku diseminasi dan kerjasama antar lembaga di tingkat nasional maupun internasional.
Pustakawan harus mengembangkan soft skills, dengan menggunakan teknologi informasi. Salah satu upaya meningkatkan kompetensi pustakawan dan kinerja pengelolaan perpustakaan lingkup Kementerian Pertanian, Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (PUSTAKA) menyelenggarakan kegiatan Temu Teknis Pengelola Perpustakaan 2019 pada 18−21 Juni 2019 di Surabaya. Bersama 120 orang pengelola perpustakaan dan pustakawan UK/UPT lingkup Kementan, Sri Ismi Maulidyah, A.Md dan Abi Supiyandi, S. Komp dari Balitkabi mengikuti kegiatan Temu Teknis yang bertema “Revitalisasi Pustakawan dalam Pengelolaan Perpustakaan di Era Industri 4.0”.

 

Peran strategis pustakawan dan perpustakaan di lingkup Kementerian Pertanian memerlukan kompetensi dan keterampilan yang memadai di era revolusi industri 4.0. Oleh karena itu Pustaka sebagai instansi pembina pustakawan lingkup Kementerian Pertanian terus berupaya dalam peningkatan kompetensi dan profesionalisme pustakawan. “Diharapkan Pustakawan mampu berkompetisi, berdaya saing, dan memberikan kinerja yang optimal,” kata Leli Nuryati selaku Kepala Pusat Perpustakaan dan Teknologi Pertanian (Pustaka) dalam sambutannya.

Suasana Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian 2019.

Suasana Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian 2019.

Materi pada kegiatan temu teknis ini berupa motivasi, teori, dan praktik, diantaranya: (1) Membangun Karakter Pustakawan Pertanian yang Mandiri, Kreatif, dan Inovatif menghadapi Tantangan di Era Industri 4.0, disampaikan oleh Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.Es, Ph.D (Rektor Institut Teknologi Sepuluh November), (2) Peran Strategis Perpustakaan Digital Pertanian dalam Menyebarkan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertanian dengan nara sumber Ida Fajar Priyanto, Ph.D. (Dosen Pascasarjana Universitas Gadjah Mada), (3) Pemanfaatan IOT, AI dan Big Data dalam Sistem Pengelolaan Perpustakaan dan Pengetahuan Pertanian Digital, dengan narasumber Yogi Hartono (Manager Library and Archives Media CNN Indonesia), (4) Pengelolaan Perpustakaan Digital menggunakan Aplikasi INLISLite: teori dan praktik, dengan narasumber Kepala Bidang Kerjasama Perpustakaan dan Otomasi Perpustakaan Nasional RI.
Tidak hanya materi dan praktik untuk menambah wawasan para peserta temu teknis, juga dilakukan kunjungan ke Pusat Veteriner Farma, kunjungan ilmiah ke UPT Perpustakaan ITS Surabaya, serta Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) dan KRI.

Suasana Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian 2019.

Suasana Temu Teknis Pengelola Perpustakaan Lingkup Kementerian Pertanian 2019.

SIM