Berita » Balitkabi Kembali Hadirkan Varietas Terbaru Kedelai, Kacang Tanah, dan Ubi Kayu

pelepasanTiga tim Pemulia Balitkabi berhasil meluluskan lima calon varietas unggul baru (VUB), yaitu satu VUB kedelai, dua VUB kacang tanah, dan dua VUB ubi kayu pada sidang pelepasan TPVT yang digelar di Bogor tanggal 3 Oktober 2018.

Wakil Ketua TPVTP yang juga Direktur Perbenihan Ditjen Tanaman Pangan Kementan, (Dr. Takdir Mulyadi), hadir saat pemulia kedelai Balitkabi (Dr. Heru Kuswantoro) memaparkan usulan galur-galur unggulan tahan penggerek polong. Selain tahan penggerek polong, galur tersebut juga tahan terhadap Etiella zinckenella dan hama pengisap polong kedelai. Berharap menjadi pilihan baru bagi petani kedelai yang hingga saat ini masih sangat dirugikan oleh serangan kompleks hama polong, Heru mempertahankan usulannya dihadapan tim penilai yang luar biasa, antara lain Dr. Satoto, Dr. Sobrizal, Dr. Yunus, Dr. Muchlis Adie, Ir. Lukman Hakim, dan Pak Tarkus.

Pada sesi selanjutnya, pemulia kacang tanah (Ir. Trustinah, M.P.) dan ubi kayu (Dr. Kartika Noerwidjati) unjuk gigi mempertahankan keunggulan galur kacang tanah dan klon ubi kayu yang diusulkan. Galur kacang tanah GH 02, GH 11 dan GH 13 merupakan galur yang terpilih dan memiliki keunggulan tahan hama kutu kebul. Sedangkan, Kartika mengusulkan klon CMM 02040-1 dengan keunggulan pati tinggi dan CMM 03038-7 dengan keunggulan produksi tinggi.
Hasil sidang TPVT menyatakan galur dan klon yang diusulkan pemulia Balitkabi dinyatakan lulus sidang dan direkomendasikan dilepas sebagai varietas unggul baru kedelai tahan penggerek polong, Etiella zinckenella dan juga hama pengisap polong, kacang tanah tahan hama kutu kebul (Bemisia tabaci) serta ubi kayu pati dan produksi tinggi.

pelepasan1

Selamat dan sukses Pemulia Akabi Balitkabi-Balitbangtan.

YB