Berita » Balitkabi Melatih UKM Pangan, PKK, dan Kelompok Tani Kota Kediri

a-kediri_1

Balitkabi Bekerjasama dengan Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kota Kediri mengadakan sosialisasi varietas dan pelatihan pengolahan umbi-umbian kepada 25 orang pengrajin kue, pengusaha katering, kelompok tani dan PKK binaan Kantor Ketahanan Pangan Kota Kediri, Selasa (30/5) di Kediri. Dalam sambutannya, Kepala Kantor KKP Ir. Sabila Rasjad Rasjid, MM. menyampaikan bahwa pada tahun 2010, Balitkabi juga pernah melatih 30 orang pengusaha katering dan guru SMK se-Kotamadya Kediri. Pada tahun 2013 ini kerjasama tersebut dibina kembali dengan fokus pada komoditas umbi-umbian untuk mendukung program Pelaksanaan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Dan Keamanan Pangan (P2KP).

Pembukaan oleh Kepala KKP, Ir. Sabila Rasjad Rasjid, MM dan materi yang disampaikan olehIr. Erliana Ginting, MSc, dari Balitkabi.


Peserta mengikuti dengan baik materi yang dipaparkan oleh Ir. Erliana Ginting mengenai varietas unggul ubijalar, ubikayu dan umbi-umbian potensial lainnya (talas/mbote, garut, ganyong, dan suweg) serta pemanfaatannya menjadi beragam produk olahan pangan. Peserta selain dilatih juga menjadi penguji taste produk olahan dari umbi-umbian yang ditampilkan dan menyatakan bahwa rasa dan tampilannya tidak kalah dengan produk dari terigu. Pelatihan/praktik untuk beberapa produk olahan dipandu oleh staf Lab Pangan Balitkabi, yaitu Rahmi Yulifianti, STP, Suprapto, SP, dan Lina Kusumawati, SSi. Produk yang dilatihkan adalah onde-onde ubijalar, martabak manis ubijalar, kue mangkok ubijalar, es krim ubijalar, cassava blanka ubikayu, miembote/talas dan dawet ganyong. Peserta serius mengikuti praktek tersebut dan menyampaikan banyak pertanyaan terutama mengenai trik-trik agar kualitas produk yang dihasilkan baik.

Pada penutupan, salah seorang wakil peserta yang merupakan pengrajin minuman instan sekaligus dosen salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Kediri; Dra. Budhi Utami, M.Pd, menyampaikan bahwa sangat senang sekali mendapatkan pelatihan dari Balitkabi dan KKP Kota Kediri dan akan melanjutkan hasil pelatihan tersebut sebagai usaha rumahan sehingga dapat menjual pangan sehat dari produk lokal untuk masyarakat. Dan beliau ingin sekali suatu saat nanti mengajak para mahasiswanya untuk berkunjung di Balitkabi untuk melihat ragam komoditas kabi dan hasil penelitian yang ada di Balitkabi.

Peserta antusias dan ikut praktek langsung mengolah umbi-umbian menjadi beragam kue basah dan minuman


Rahmi/Erly/AW