Berita » Balitkabi Mengikuti Nominasi Abdi Bakti Tani 2020

Abdi Bakti Tani merupakan program dari  Kementerian Pertanian berupa pemberian penghargaan kepada Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Bidang Pertanian yang berprestasi dalam meningkatkan kinerja pelayanan kepada publik/masyarakat. Hal ini dilakukan untuk mendorong perbaikan pelayanan dan memberikan motivasi bagi tumbuhnya inovasi untuk mendukung capaian program pembangunan pertanian serta meningkatkan pelayanan prima.

Tahun ini, Kementerian Pertanian kembali mengadakan Penilaian Penghargaan Abdi Bakti Tani secara virtual (tele conference) pada tanggal 29-30 September. Empat puluh UK/UPT Kementerian Pertanian dari berbagai eselon turut menampilkan inovasi dalam pelayanan publik dan kemanfaatannya bagi petani/masyarakat sekitar. Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) merupakan satu dari delapan Unit Kerja di bawah Badan Litbang Pertanian yang dinominasikan mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam pelaksanaannya setiap UK/UPT diminta memaparkan Inovasi pelayanan publik beserta pengakuan manfaat tiap unit kerja bagi petani/masyarakat sekitar dalam waktu 10 menit. Dr. Yuliantoro Baliadi, sebagai Plh. Kepala Balitkabi didampingi Plt. Kepala Balitkabi, Dr. Titik Sundari, serta Kasie Jasa Penelitian, dan Koordinator Program memaparkan inovasi layanan publik berbasis android yang dimiliki Balitkabi, antara lain Sytector, Siprokabi, dan Siwaka.

Sytector merupakan aplikasi berbasis android untuk mendeteksi defisiensi unsur hara NPK pada tanaman dan Siprokabi adaah aplikasi database penangkar komoditas aneka kacang dan umbi yang bisa diakses semua orang secara online. Kedua aplikasi ini dalam proses pengembangan semenjak dibuat awal tahun 2020. Sedangkan Siwaka adalah model simulasi swasembada kedelai yang digambarkan dengan diagram yang terdiri dari beberapa parameter dalam penghitungannya.

Selain inovasi layanan publik, juga disampaikan inovasi dan teknologi budi daya komoditas aneka kacang dan umbi yang dirasakan oleh petani dan masyarakat umum. Ramainya kunjungan dari berbagai instansi maupun lembaga dari seluruh penjuru tanah air membuktikan wilayah kerja Balitkabi mulai dari Sabang sampai Merauke. Tingginya permintaan nara sumber dari Balitkabi dari waktu ke waktu, bahkan selama pandemi Covid-19 merupakan salah satu bentuk kepercayaan masyarakat kepada lembaga ini. Grafik Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan predikat Baik dan Zero Complain turut serta ditampilkan sebagai hasil dari testimoni masyarakat akan pelayanan publik dari Balitkabi.

Panitia Penilai Abdi Bakti Tani memberikan apresiasi atas pemaparan yang disampaikan, karena tidak hanya output dan outcome saja yang ditampilkan, tetapi juga telah masuk pada sasaran pelayanan yang sangat spesifik. Hasil penilaian Abdi Bakti Tani 2020 akan disampaikan pada perayaan HUT KORPRI pada November mendatang. Diharapkan dengan kegiatan tersebut setiap UK/UPT terpacu untuk meningkatkan pelayanan publik serta menciptakan inovasi untuk perbaikan pelayanan khususnya kepada petani dan masyarakat sekitar.

abdi abdi1
abdi2 abdi3
Suasana tele conference pemaparan tim Balitkabi dalam penilaian Abdi Bakti Tani 2020

AA