Berita » Balitkabi Mengikuti UMKM Expo UNIDA Gontor

Pada peringatan 90 tahun Pondok Pesantren Gontor, Balitkabi memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memamerkan hasil-hasil penelitian tanaman aneka kacang dan umbi.

Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor dalam hal ini Fakultas Sains dan Teknologi (FST) bertepatan dengan peringatan 90 tahun Gontor, mengadakan kegiatan Konferensi Nasional Kedaulatan Pangan (KNKP) 2016 dengan tema “Pertanian Berkelanjutan dan Agroindustri Halal dalam Mendukung Kedaulatan Pangan untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”.

FST UNIDA Gontor juga menyelenggarakan edukasi masyarakat dibidang pertanian, on-farm dan off-farm sebagai realisasi dari pengabdian masyarakat dengan bentuk kegiatan yang terdiri dari:

  1. Sekolah lapang pertanian
  2. UMKM Expo, dan
  3. Kuliah praktis UMKM.

UMKM Expo bertema “Industri Pertanian yang Halal dan Berdaya Saing” berbentuk pameran atau gelar produk UMKM berbasis pertanian dan teknologi industri pertanian. Balitkabi diundang untuk berpartisipasi mengisi stand pameran tersebut.

Balitkabi menampilkan benih kedelai, kacang tanah, kacang hijau, display aneka umbi dan produk olahan dari aneka kacang dan umbi yang bisa dicicipi oleh pengunjung. Produk olahan aneka kacang yang ditampilkan antara lain: susu kedelai kuning Varietas Anjasmoro, susu kedelai hitam Varietas Detam 4 Prida, dan Kacang Tanah Lemak Rendah.

Sedangkan produk olahan dari aneka umbi, antara lain: Mie Mbothe, Bitterbalen Mbothe, Mie Ubijalar Ungu, Onde-onde Ubijalar Ungu, Brownies Ubijalar Ungu, Kue Mangkok Ubijalar Ungu dan Oranye, Ice Cream Ubijalar Ungu, Puding Ubijalar Ungu, Jus Ubijalar Ungu, Jus Ubijalar Oranye, Brownies Ubikayu, Tiwul Instan, Cake Tape, Wingko, dan Cassavablanca.

Selain itu ditampilkan juga olahan kue kering dari aneka umbi diantaranya: Stik Ubikayu, Bola-bola Cassava, Lidah Kucing Ubijalar Oranye, Sweet Potato Stick, dan Sweet Potato Chocochips, Semprit Garut, DC Kress, dan Canana Coffe.

Melalui acara ini diharapkan Balitkabi dan produk–produk yang dihasilkan semakin dikenal masyarakat luas.

16-10-16

 

YFT/KN