Berita ยป Balitkabi Menjadi Narasumber Pelatihan Produksi Benih Kedelai Edamame

edam1

Penyerahan publikasi Balitkabi kepada Presdir PT. GMIT

Kedelai Edamame dikenal sebagai kedelai sayur (vegetable soybean) yang memiliki pasar ekspor cukup besar. Kabupaten Jember merupakan salah satu sentra pengembangan kedelai Edamame di Indonesia, dengan PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) salah satu produsennya. Pada 5 Maret 2019 di gedung Learning Centre GMIT, telah dilakukan pelatihan produksi benih kedelai Edamame melibatkan seluruh karyawan produksi dan perbenihan PT GMIT dengan mendatangkan nara sumber pemulia kedelai Balitkabi Dr. M. Muchlish Adie.

Erwan Santoso, President Director PT. GMIT, menyampaikan bahwa GMIT berada di bawah PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) yang didirikan tahun 1993, memiliki core bisnis bidang kelapa sawit, sagu, Edamame dan energi terbarukan. Menurut Erwan, komoditas Edamame memiliki potensi ekonomi yang prospektif, sehingga perlu digarap sebagai komoditas ekspor serta untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Permasalahan yang ada yaitu tentang penyediaan benih yang berkualitas. Dengan pelatihan ini sangat diharapkan saling berbagi pengetahuan tentang teknik produksi benih kedelai edamame.

edam2

Suasana Pelatihan teknik produksi kedelai Edamame di PT GMIT, Jember.

Pelatihan yang diawali dengan kunjungan lapang dan penanganan pascapanen benih memperlihatkan antusiasme peserta untuk berdiskusi tentang berbagai aspek pengelolaan tanaman hingga penanganan pasca panen benih kedelai Edamame. Paparan tentang produk benih kedelai Edamame, mendapatkan respon yang baik dari seluruh peserta termasuk Presdir GMIT. Diskusi menarik seperti upaya mempertahankan kualitas benih, penanganan hama polong di lapang, aplikasi rhizobium, hingga upaya memperbesar ukuran polong segar sebagai salah satu syarat kualitas Edamame. Tindak lanjut pertemuan akan segera disiapkan MoU kerja sama antara GMIT dengan Balitkabi.

Foto bersama peserta pelatihan

Foto bersama peserta pelatihan

MMA