Berita » Balitkabi menuju ‘Innovations for All’

pui-1

Balitkabi sebagai pemegang PUI Akabi ikut menghadiri Forum Penguatan Koordinasi PUI Chapter Malang di Aula Citrus Balitjestro (25/01/2019), diikuti PUI Litbang dan PUI Perguruan Tinggi wilayah Malang Raya. Dari PUI Akabi hadir Dr. M. Muchlish Adie dan Herdina Pratiwi, S.P., M.P. pada pertemuan yang bertema “Innovations for All”.

Direktur Lemlitbang (Ir. Kemal Prihatman) memaparkan tentang milestone capaian PUI 2015‒2018, rancangan capaian milestone 2019 yang salah satunya adalah Peluncuran Big Data PUI 4.0 pada Maret 2019, kegiatan PUI berbasis outcome yang diantaranya diimplementasikan berupa platform sinergisitas generasi 2.0, Indonesia Innovation Day (IID), agen riset, dokter IPTEK, penguatan pentahelix yang difokuskan pada media informasi. Juga disampaikan tentang rancangan online KNAPPP dan bimtek.

pui-2

Suasana pengarahan Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti serta Direktur Lemlitbang

Paparan capaian PUI oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Dr. Patdono Suwignjo, M.Sc., disampaikan bahwa capaian PUI sudah banyak dan selalu melampaui target yang telah ditetapkan, termasuk serapan anggaran. Diingatkan kembali bahwa perspektif kelembagaan litbang adalah PUI dan STP (Science Techno Park). STP harus dijadikan sebagai kelembagaan tertinggi suatu capaian inovasi. Ke depan perlu mulai dipikirkan untuk mentransformasi PUI menjadi STP. Harus ada percepatan startup company, baik nasional maupun internasional. Indonesia Innovation Day adalah wadah terbaik, dan target tidak hanya jumlah MoU (ini sudah terlampaui), yang penting adalah mitra berkelanjutan, sebagai wujud inovasi yang sesungguhnya.

Pada akhir arahannya, Patdono berpesan kunci sukses adalah selalu bekerja lebih baik dari orang lain, rejeki dan jabatan sudah ada yang mengatur.

MMA