Berita » Balitkabi Pamerkan Inovasi pada PEDA Petani–Nelayan III Kabupaten Tuban

Dalam rangka meningkatkan motivasi, kegairahan, dan kemandirian petani-nelayan serta petani hutan maupun masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan pertanian, maka Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tuban menyelenggarakan Pekan Daerah (PEDA) Petani–Nelayan III se Kabupaten Tuban yang berlokasi di Desa Leran Wetan Kecamatan Palang Kabupaten Tuban.

PEDA Petani – Nelayan III dibuka oleh Wakil Bupati Tuban Bapak Noor Nahar Hussein. Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan acara yang mengusung tema “Dengan Pekan Daerah Petani Nelayan Tahun 2017, Kita Tingkatkan Ketahanan, dan Kedaulatan Pangan di Kabupaten Tuban” ini sangat penting bagi Tuban. Karena 60% penduduk Kabupaten Tuban berprofesi sebagai petani, maka momen ini merupakan ajang mempertemukan petani-nelayan Tuban dengan banyak peneliti pertanian, serta perusahaan pertanian.

Bapak Kepala Balitkabi menghadiri pembukaan PEDA Petani-Nelayan III Tuban.

Bapak Kepala Balitkabi menghadiri pembukaan PEDA Petani-Nelayan III Tuban.

Acara PEDA Petani-Nelayan III ini berlangsung selama dua hari mulai 2–3 Agustus 2017. Sebanyak 72 stan ikut berpatisipasi dalam acara ini diantaranya adalah 28 stan perusahaan yang bergerak di bidang pertanian yaitu perusahaan pupuk, bibit, hingga obat-obatan pertanian. Sedangkan sisanya berupa stan pameran teknologi pertanian, stan UPTD Pertanian lingkup Kabupaten Tuban, dan  UPT lingkup Badan Litbang Pertanian diantaranya Balitkabi, Balitjestro, dan BPTP Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut Balitkabi memamerkan hasil-hasil penelitian tanaman aneka kacang dan umbi. Materi yang ditampilkan berupa benih varietas unggul terbaru diantaranya kedelai, kacang tanah, kacang hijau, serta produk-produk olahan makanan aneka umbi seperti: Ice Cream Ubi Jalar Ungu, Bola Cassava, Sweet Potato Chocochips, Lidah Kucing Ubi Jalar Oranye, DS Kress, Stik Ubi Kayu, Peanuts Cookies, dan Semprit Garut.

Kepala Balitkabi menyampaikan produk unggulan Balitkabi kepada Ibu Wakil Bupati.

Kepala Balitkabi menyampaikan produk unggulan Balitkabi kepada Ibu Wakil Bupati.

Tercatat, pengunjung yang mengikuti acara di hari pertama sebanyak 1.300 orang dan hari kedua dihadiri kurang lebih 1.200 orang dari seluruh penjuru Bumi Wali.

 

AN/YFT