Berita » Balitkabi Berhasil Raih Kembali Apresiasi PUI periode 2018-2020

berita_14_12_17c

Setelah memperoleh apresiasi Pusat Unggulan Iptek (PUI) selama kurun waktu tiga tahun, sejak tahun 2014, Balitkabi kembali memperoleh Apresiasi PUI untuk periode 2018-2020. Apresiasi ini merupakan bentuk penghargaan dari Kemenristekdikti terhadap Balitkabi sebagai lembaga penelitian atas kinerjanya yang terus meningkat dari tahun ke tahun selama kurun waktu tiga tahun. Apresiasi ini diberikan oleh Menteri Ristekdikti kepada Kepala Balitkabi di Aula Badan Pengkajian Penerapan Teknologi Kemenristekdikti pada rabu, 13 Desember 2017.

Penilaian Kemenristekdikti dalam mengukur keunggulan Balitkabi dievaluasi pada berbagai faktor. Faktor pertama adalah penilaian terhadap keunggulan sumberdaya yang dimiliki. Sumber daya ini dinilai dari beberapa komponen seperti sumber daya manusia, sarana dan prasarana, standar prosedur kerja serta perolehan akreditasi laboratorium. Program kerja dan capaian kerja dalam jangka pendek menengah dan panjang juga diukur untuk menentukan apakah Balitkabi layak disebut sebagai pusat unggulan iptek.

berita_14_12_17b

Beberapa capaian kinerja yang dijadikan kriteria penilaian diantaranya jumlah produk unggulan yang dihasilkan sebagai pusat unggulan iptek seperti varietas unggul baru, jumlah publikasi yang dihasilkan setiap tahun, jumlah kerjasama baik dalam skala nasional maupun internasional, peran Balitkabi dalam mengimplementasikan hasil kerjanya pada masyarakat, serta bagaimana manajemen penelitian dapat berlangsung sesuai standar yang ditetapkan. Dari berbagai kriteria yang ditetapkan dan pengawasan selama 3 tahun maka ditetapkan Balitkabi layak mendapat penghargaan kembali sebagai Pusat Ungggulan Iptek dari Kemenristekdikti.

Selain memperoleh apresiasi PUI, Balitkabi juga memperoleh akreditasi KNAPPP. Akreditasi ini merupakan penilaian standardisasi terhadap manajemen lembaga penelitian. Dengan perolehan akreditasi KNAPPP maka selain unggul dalam memperoleh capaian kinerja, proses dan kelengkapan yang dimiliki Balitkabi sebagai lembaga penelitian juga layak diakui secara nasional.

berita_14_12_17a

Sutrisno