Berita » Balitkabi Selenggarakan Pembahasan Proposal Penelitian Tahun 2020

dsc_2221

Balitkabi memasuki Renstra Penelitian 2020-2024 dengan berbagai kegiatan. Penyusunan proposal penelitian merupakan tahapan setelah penyusunan matriks yang diatur dalam Permentan No: 44/Permentan/OT.140/8/2011 tentang Mekanisme Perencanaan Program dan Anggaran Penelitian Pertanian. Bertempat di Aula Balitkabi pada 27-28 Februari telah dilakukan pembahasan internal proposal penelitian tahun 2020. Acara pembahasan proposal dihadiri oleh seluruh peneliti Balitkabi dibuka oleh Ka. Sie Yantek Dr. Rudi Iswanto dan dilanjutkan dengan Arahan Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi.

dsc_2282

Kepala Balitkabi menyampaikan instruksi Kepala Balitbangtan Dr. Fadjry Djufry pada Raker Balitbangtan 2019 di Padang beberapa waktu lalu. Instruksi tersebut diantaranya kegiatan penelitian dan pengembangan harus dioptimalkan untuk menghasilkan inovasi teknologi mendukung program strategis Kementan, memperbaiki cara-cara diseminasi, menderaskan diseminasi serta menciptakan pasar agar hasil-hasil litbang dapat segera termanfaatkan oleh pengguna. Penelitian harus berbasis outcome, tidak cukup sampai output, KTI dan laporan. Kegiatan tahun 2020 merupakan awal Renstra 2020-2024, jangan hanya memoles keluaran Renstra 2015-2019, tetapi jadikan pondasi sehingga unsur novelty terpenuhitegas Baliadi dalam sambutannya.

dsc_2316

Peneliti harus siap menjawab tuntutan target angka kredit, standar kompetensi, dan hasil kerja minimal setiap jenjang fungsional peneliti berdasarkan Permenpan RB No. 34 Tahun 2018 tentang Jabatan Fungsional Peneliti dan Peraturan LIPI No. 14 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Peneliti. Peneliti wajib membangun kerjasama dan jejaring nasional dan internasional, kemandirian, efisiensi dan optimalisasi sumber daya, serta perilaku positif. Kepala Balitkabi juga menambahkan alokasi SDM, biaya dan sarana prasarana perlu disiapkan untuk meningkatkan peran dan fungsi menyongsong optimalisasi Kebun Percobaan sebagai Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) sesuai amanat Permentan No. 93/KPTS/KB.410/M/1/2019. Sebagai penutup, kepala Balitkabi menghimbau agar seluruh peneliti bersama-sama mencermati proposal penelitian yang akan dibahas, tidak mencari kesalahan, tetapi menyempurnakan proposal agar diperoleh penelitian yang berkualitas.

Sembilan judul RPTP dan RDHP tahun 2020 dipresentasikan oleh masing-masing penanggungjawab kegiatan. Empat judul RPTP dibahas pada hari pertama dengan evaluator Prof. Didik Harnowo, Dr. Yusmani Prayogo, dan Ir. Fachrur Rozi, MS dan pada hari kedua dipresentasikan lima judul RPTP/RDHP yang dievaluasi oleh Prof. Made Jana Mejaya, Prof. Arief Harsono, Dr. M. Muchlish Adie, dan Eriyanto Yusnawan, PhD. Acara evaluasi dan klarifikasi berlangsung dalam suasana serius namun tetap santai. Hasil evaluasi digunakan sebagai masukan perbaikan proposal oleh masing-masing penanggungjawab kegiatan. Selanjutnya proposal tersebut akan diserahkan ke Puslitbang Tanaman Pangan untuk dievaluasi lebih lanjut.

Di akhir acara turut hadir Kabid PE (Dr. A.Adnan, MP) dan Kabag TU (Ir. Narta Hadiwiyata, MSi) Puslitbang Tanaman Pangan yang menyampaikan Arah Kebijakan Kegiatan Penelitian Tanaman pangan 2020-2024 dan sosialisasi peraturan-peraturan terbaru. Adnan menyampaikan bahwa kata kunci penyusunan kegiatan penelitian 2020-2024 adalah penelitian yang presisi (adakah varietas yang low input), digitalisasi/internet of things (misal: mengidentifikasi serangan OPT, layanan konsultasi kedelai yang berbasis android), nilai tambah dan daya saing (produktivitas tinggi, low input, presisi), ramah lingkungan, dan pertanian berkelanjutan, serta pemecahan masalah nasional seperti lahan rawa, salinitas, dan issue stunting.

whatsapp-image-2019-03-04-at-9-03-56-am

Hasil evaluasi RPTP harus ditindaklanjuti dengan mempertajam justifikasi, kekinian informasi, dan target KTI, sinergi antar Kelti/lintas disiplin ilmu dalam menyusun RPTP, menyeragamkan istilah dan judul RPTP. Perbaikan proposal harus sesuai dengan format, alur logika penelitian, dan konsistensi. Sebagai penutup Kepala Balitkabi menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kehadiran para penanggung jawab RPTP, evaluator, peneliti, dan calon peneliti yang telah mengikuti kegiatan pembahasan proposal sampai akhir acara.

WR.