Berita » Balitkabi Selenggarakan Public Hearing Standar Pelayanan Publik

phBalai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) sebagai salah satu lembaga penyelenggara pelayanan publik, sesuai amanat Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Permentan Nomor 78/Permentan/OT.140/12/2012 tentang Penyusunan dan Penetapan Standar Pelayanan Publik Kementerian Pertanian maka Balitkabi wajib menetapkan Standar Pelayanan Publik sebagai tolok ukur dalam penyelenggaraan pelayanan publik di lingkup Balitkabi. Dengan adanya standar tersebut diharapkan pelayanan publik dapat terselenggara secara berkualitas dan sesuai harapan masyarakat sehingga akan mampu memberikan kepuasan kepada masyarakat pengguna.

Balitkabi memiliki tiga jenis pelayanan publik, yaitu: (1) Layanan Informasi (layanan kunjungan tamu, perpustakaan, PKL/Magang/Prakerin /Penelitian, Narasumber), (2) Layanan Pengujian Laboratorium (Laboratorium Tanah dan Tanaman, Laboratorium Kimia dan Teknologi Pangan dan Laboratorium mutu benih), dan (3) Layanan Perbenihan (UPBS).

Salah satu tahapan dalam penyusunan dan penetapan standar pelayanan publik tersebut adalah adanya pembahasan rancangan standar pelayanan publik. Pembahasan harus melibatkan masyarakat pemangku kepentingan atau pengguna layanan, yaitu dengan mengundang praktisi yang dianggap bisa mewakili publik/pengguna layanan dari masing-masing penyelenggara layanan, dengan salah satu metode pembahasan yang dapat dilakukan adalah melalui “Public Hearing. Menindaklanjuti hal tersebut, maka bertempat di Aula Balitkabi pada Kamis 22 November 2018, Balitkabi menyelenggarakan Public Hearing Standar Pelayanan Publik. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengkomunikasikan dan menerapkan Standar Pelayanan Publik Balitkabi dan bertujuan untuk: (1) Menyampaikan kepada masyarakat (stakeholders) tentang jenis-jenis layanan yang ada di Balitkabi, (2) Mengetahui kebutuhan masyarakat khususnya pengguna jasa yang dilayani oleh Balitkabi, dan (3) Mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan untuk menyempurnakan Standar Pelayanan Publik Balitkabi.

Pada kegiatan Public Hearing tersebut Balitkabi mengundang Ombusdman RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Puslitbang TP, dan stakeholder yang terkait dengan pelayanan Balitkabi. Stakeholder tersebut antara lain BPATP, UPT Kementerian Pertanian Lingkup Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY, Direktorat Akabi, Direktorat Perbenihan, Perguruan Tinggi lingkup Jawa dan Sumatera, SMK sekitar Malang Raya, Dinas Pertanian Lingkup Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY, PRISMA Surabaya, PT Sari Husada, PT Petrokimia Gresik, PT Mitra Tani Dua Tujuh, Penangkar Benih Kedelai, Kodim Malang Raya dan Pasuruan, Pengrajin Tempe, Bakpao Telo Malang, Koordinator KP, dan undangan lainnya.

Acara yang dihadiri lebih dari 100 orang tersebut dibuka oleh sambutan Kepala Balitkabi yang diwakili oleh Prof. (Riset) Dr. Didik Harnowo. Pada sambutan pembukaannya, Dr. Didik Harnowo, menyampaikan rasa terimakasih kepada para undangan yang telah hadir pada acara ini terutama kehadiran Ombudsmen, karena hal tersebut merupakan syarat sahnya kegiatan Public Hearing. Prof. Didik menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara ini dan menyampaikan tiga jenis pelayanan publik yang ada di Balitkabi. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Ombudsman dan Balitkabi yang dipimpin oleh Dr. A.A. Rahmianna sebagai moderator.

ph1

Dr. Agus Widiyarta, S.Sos., M.Si, Ombusdman RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur menyampaikan materi tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Salah satu point penting pada presentasi tersebut adalah bagaimana cara meningkatkan pelayanan publik untuk menghindari mal-administrasi.

Materi selanjutnya dipaparkan oleh B.S. Koentjoro, M.Kom. selaku Kepala Seksi Jasa Penelitian. Materi yang disampaikan meliputi Profil Balitkabi dan Standar Pelayanan Publik Balitkabi. Pada presentasi tersebut juga disampaikan mengenai Alur pelayanan informasi, waktu penyelesaian, mekanisme pengaduan, dan evaluasi kinerja pelaksana pada masing-masing jenis layanan. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi untuk menampung saran dan koreksi agar diperoleh standar pelayanan publik yang lebih baik lagi.

Kegiatan Public Hearing ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Standar Pelayanan Publik Balitkabi. Berita Acara tersebut ditandatangani oleh perwakilan Stakeholder Layanan Balitkabi yang disaksikan oleh Ombudsman RI Perwakilan Jawa Timur. Setelah acara di Aula para tamu undangan diperkenankan untuk mengunjungi Visitor Plot tanaman Akabi yang didampingi oleh Koordinator KP Kendalpayak Cipto Prahoro, S.P., UPBS yang didampingi oleh Ir. Trustinah, M.S., dan Laboratorium Sentral yang didampingi oleh Eriyanto Yusnawan, Ph.D. Selain acara utama di Aula, Balitkabi juga menyajikan beberapa display, antara lain: display publikasi dan VUB, display aneka produk olahan Akabi, dan display benih komoditas Akabi.

ph2

WR