Berita » Balitkabi Siap Dongkrak Publikasi Ilmiah

20-teai-3

Publikasi ilmiah merupakan salah satu sarana diseminasi hasil penelitian kepada khalayak. Saat ini lembaga penelitian di Indonesia berpacu  mendorong peningkatan  kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah. Guna mendongkrak kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah tersebut, maka Balitkabi yang merupakan satu-satunya lembaga riset aneka tanaman kacang dan umbi di Indonesia membentuk Tim Evaluasi Artikel Ilmiah.

Selasa (20/3/2012), Tim Evaluasi Artikel Ilmiah yang dikomandani  oleh Prof. Dr. Subandi mengadakan  Sosialisasi Standar Operasional dan Prosedur (SOP) Alur dan Pengadministrasian Artikel Ilmiah, Pelepasan Varietas, dan Seminar Puslitbangtan di Aula Utama Balitkabi. Dalam paparannya, Prof. Subandi menjelaskan SOP alur artikel ilmiah sampai siap diterbitkan ke penerbit. Selain itu, Pak Subandi menguraikan penjelasan SOP Alur Pelepasan Varietas dan Seminar Puslitbangtan.



SOP Alur Artikel Ilmiah

Lebih lanjut Prof. Subandi mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Tim Evaluasi Artikel Ilmiah sehingga artikel ilmiah yang akan diterbitkan ke penerbit memenuhi standar kualitas.

Sementara itu, Kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie menyambut baik dibentuknya Tim evaluasi Artikel Ilmiah. “Tim ini semoga mampu mendorong kualitas dan juga kuantitas artikel ilmiah para peneliti Balitkabi” ungakp Pak Muchlish.



SOP Alur Pelepasan Varietas dan Seminar Puslitbangtan

Susunan kepengurusan Tim Evaluasi Artikel Ilmiah terdiri dari Ketua, Sekretaris, dan Evaluator. Bertindak sebagai ketua tim adalah Prof. Dr. Subandi. Adapun sekretaris adalah Siti Muzaiyanah, SP. MP., Nur Chasanah, A.md, dan Sagitarius Bambang Ermawan. Sedangkan tim evaluator terdiri dari Prof. Dr. Subandi, Prof. Dr. Sudaryono, Prof. Dr. Astanto Kasno, Prof. Dr. Nasir Saleh, Prof Dr. Marwoto, dan Dr. Novita Nugrahaeni.

Berdasarkan Keputusan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan nomor : 151/AM.100/1.2/02.12, Tim Evaluasi Artikel Ilmiah mengemban tugas sebagai berikut:

  1. Memeriksa, mengoreksi, dan memberikan saran-saran terhadap artikel ilmiah para peneliti di Balitnya masing-masing sebelum dikirimkan untuk bahan publikasi jurnal ilmiah Puslitbangtan dan Iptek Tanaman Pangan.
  2. Memberikan saran-saran melalui forum seminar internal Balit kepada peneliti yang akan melaksanakan seminar bulanan di Puslitbangtan dalam hal penyusunan artikel dan bahan presentasi.
  3. Membina calon peneliti dan peneliti yang jenjang fungsionalnya di bawah Tim Evaluasi dalam hal penyusunan proposal, pelaksanaan penelitian, analisis data, penulisan laporan dan penulisan artikel ilmiah untuk publikasi.
  4. Memberikan saran-saran kepada peneliti yang sedang menyusun proposal/dokumen usulan pelepasan calon varietas dalam hal penyusunan proposal, analisis data, dan bahan presentasi, melalui forum seminar internal di Balitnya.

Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh peneliti Balitkabi, termasuk teknisi, serta karyawan-karyawati Balitkabi.