Berita ยป Balitkabi Siap Ikuti Penas XVI di Padang, Sumatera Barat Tahun 2020

Peserta Rakor Penas XVI di Padang Pariaman, 18-19 Januari 2020

Peserta Rakor Penas XVI di Padang Pariaman, 18-19 Januari 2020

Pekan Nasional Petani Nelayan (Penas) yang digagas oleh para tokoh tani dan nelayan sejak 1971 telah menjadi agenda rutin Kementerian Pertanian (Kementan) yang digelar setiap 4 tahun. Kegiatan Penas merupakan sarana silaturrahmi dan sekaligus ajang pertukaran informasi inovasi dan teknologi pertanian dalam rangka mempercepat transfer dan adopsi inovasi pertanian. Penas yang akan digelar di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat tanggal 20-25 Juni 2020 adalah Penas yang ke-16, yang akan dihadiri oleh 50.000 orang. Penetapan Sumatera Barat sebagai tuan rumah Penas XVI merupakan hasil Rembug Utama Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada PENAS XV Petani Nelayan Tahun 2017 di Aceh.

Dalam setiap penyelenggaraan Penas, Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) beserta seluruh UK/UPT di bawahnya selalu tampil dominan dalam menggelar inovasi dan teknologi pertanian. Untuk finalisasi gelar teknologi (geltek) Balitbangtan pada Penas XVI tersebut, telah dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Padang Pariaman pada tanggal 18-19 Januari 2020. Rapat dipimpin oleh Dr. Jekvy Hendra (Kepala BPTP Sumbar) sebagai penanggung jawab lapang pelaksanaan Penas XVI/2020, didampingi Kepala Balitbu Dr. Ellina Mansyah. Rakor diikuti oleh seluruh panitia UK/UPT lingkup Balitbangtan, seperti BB2TP, BBSDL, Puslitbangnak, Puslitbangbun, Balai Besar (BB) Pascapanen, BB Mektan, BB Padi, Balitjestro, Balitsa, Balitro, BPTP Bengkulu, Balitri, dan tidak ketinggalan Balitkabi. Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi, memimpin langsung tim Balitkabi yang terdiri dari Kasie Jaslit, B.S. Koentjoro, S.P., M.Kom, dan Ir. Abdullah Taufiq, MP.

Pada Rakor hari pertama, dibahas finalisasi site plan geltek lapang, perencanaan operasional, serta hal-hal teknis yang berkaitan dengan sarana dan prasarana, utamanya menyangkut masalah persiapan dan penataan lahan, serta jaringan irigasi. Penanggung jawab lapang menekankan bahwa tampilan teknologi harus mempunyai keunggulan dan tidak terlalu rumit, perlu banyak menampilkan spot-spot menarik. Setiap UPT diharapkan menyiapkan teknologi yang akan disampaikan/didemonstrasikan untuk mengisi ruang publik. Fokus tampilan utama pada geltek lapang adalah family farming.

Rakor hari ke dua diisi dengan kunjungan lapang ke lahan geltek Penas XVI. Kunjungan lapang ini bertujuan untuk finalisasi site plan, mengecek kondisi lahan agar setiap UK/UPT mempunyai gambaran tentang kondisi lahan yang akan digunakan. Lokasi pelaksanan Penas berada di areal Asrama Haji Padang Pariaman, yaitu di wilayah Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (posisi ordinat -0.769091, 100.312360). Kunjungan lapang dipandu oleh Kepala BBP2TP Dr. Taufik Ratule dan Kepala BPTP Sumbar Dr. Jekvy Hendra.

Balitkabi tidak pernah absen untuk ikut serta dalam mengisi geltek pada acara Penas. Pada Penas XVI 2020, Balitkabi sebagai Pusat Unggulan IPTEK Aneka Kacang dan Umbi, akan menampilkan inovasi dan teknologi unggul komoditas aneka kacang dan umbi, seperti komoditas kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu dan ubi jalar.

Dr. Jekvy Hendra (Kepala BPTP Sumbar) didampingi Dr. Ellina Mansyah (Kepala Balitbu) memimpin jalannya Rakor Penas XVI (kiri) dan Kepala Balitkabi menyampaikan rencana geltek Akabi pada Penas XVI

Dr. Jekvy Hendra (Kepala BPTP Sumbar) didampingi Dr. Ellina Mansyah (Kepala Balitbu) memimpin jalannya Rakor Penas XVI (kiri) dan Kepala Balitkabi menyampaikan rencana geltek Akabi pada Penas XVI

Kunjungan lapang di areal geltek Penas XVI di wilayah Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman

Kunjungan lapang di areal geltek Penas XVI di wilayah Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman

AT/YB/BS