Berita » Balitkabi Tularkan Semangat Bertani ke Generasi Muda

Generasi muda yang selalu ingin belajar dan meningkatkan kemampuannya dalam hal positif merupakan aset masa depan suatu bangsa. Pada hari Senin, tanggal 23 Oktober 2017 sebanyak 319 siswa SMAN 6 Malang melakukan kunjungan ke Balitkabi dalam rangka kegiatan “outing class”. Rombongan siswa yang didampingi Wakil Kepala Sekolah I Drs. Pundjul Prijono, ketua rombongan Drs. Syamsul Islam, dan perwakilan wali kelas diterima oleh Kepala Balitkabi Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, M.P. dan Kepala Jaslit Dr. Gatut Wahyu A.S., M.P. Kegiatan kunjungan bertujuan untuk mendapatkan informasi dan menambah pengetahuan para siswa perihal tanaman aneka kacang dan umbi. Balitkabi menyambut baik kunjungan tersebut sebagai bentuk diseminasi sekaligus untuk menumbuhkan semangat bertani kepada generasi muda.

sman6

Pada kunjungan kali ini, para siswa diperkenalkan mengenai aneka tanaman kacang dan umbi yang menjadi mandat Balitkabi, mencakup komoditas utama kedelai, kacang tanah, kacang hijau, ubi kayu, dan ubijalar, maupun komoditas potensial lainnya seperti komak, koro benguk, koro pedang, uwi, talas, ganyong, dan kimpul yang disampaikan oleh Ratri Tri Hapsari, S.P., M.Si., baik di dalam kelas maupun di lapangan untuk melengkapi pemahaman mereka. Selain itu, para siswa juga dibekali pengetahuan mengenai produksi benih mulai dari prosesing, sortasi, pengepakan, penyimpanan dan pengujian mutu benih di Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Balitkabi.

sman6a

Pengenalan sejak dini mengenai tanaman aneka kacang dan umbi di Indonesia diharapkan dapat menimbulkan kesadaran dan kecintaan terhadap sektor pertanian, sehingga di masa mendatang ada di antara mereka yang berperan dalam memajukan pertanian Indonesia. Yang Muda Yang Bertani…….

RTH