Berita » Bangkitnya Kedelai di Mojoanyar Mojokerto

Ayda Krisnawati, pemulia kedelai Balitkabi, diskusi bersama petani kedelai.

Ayda Krisnawati, pemulia kedelai Balitkabi, diskusi bersama petani kedelai.

Sudah lama Kabupaten Mojokerto menjadi sentra kedelai, bahkan musim tanamnya sebagian dilakukan pada MK1 mengikuti pola padi-kedelai dan pada MK2 mengikuti pola padi-padi-kedelai. Kedelai pada MK2, lebih luas dibandingkan dengan pertanaman kedelai pada MK1. Salah satu sentra kedelai di Mojokerto berada di dua kecamatan yaitu Bangsal dan Mojoanyar.

Kecamatan Mojoanyar merupakan kecamatan baru, pemekaran dari kecamatan lain. Khususnya di Desa Ngarjo, pada musim tanam Juli‒Oktober 2018, hamparan kedelai tumbuh subur dan keragaannya sangat bagus. Keterangan dari Bapak Keman, yang ditemani oleh beberapa anggota Kelompok Tani Sri Rejeki lainnya, sebagian petani menggunakan varietas lokal dengan beragam nama seperti Surya, 41, dan 2000. Dulunya jenis 41 dan 2000 cukup mendominasi namun sejak beberapa tahun tergantikan oleh Surya. Diskusi di saung yang ada di tengah sawah, dijelaskan oleh pemulia kedelai dari Balitkabi, Ayda Krisnawati, bahwa kedelai Surya kemungkinan berasal dari Mansuria yang akhirnya dilepas manjadi Varietas Anjasmoro. Jenis 2000, dikembangkan dari Varietas Wilis yang sudah dimurnikan lagi dan memang diberi nama Wilis 2000. Telusur ke petani, nampaknya jenis 41 identik dengan varietas yang telah dilepas yaitu Argomulyo.

Sistem tanam kedelai dilakukan secara sebar. Penuturan petani lain, penggunakan benih 12 kg untuk satu bagian (1/7 ha) atau setara dengan 84 kg per ha. Pada sistem sebar, petani yang mampu menyebarkan benih kedelai secara merata, hasilnya akan sangat bagus, dituturkan lebih lanjut. Sumber benih diperoleh dari tetangga atau membeli di pasar. Pernah dicoba varietas Grobogan, hasilnya bagus. Tanaman pendek tapi polongnya banyak. Petani yang lain menimpali, keberhasilan pertanaman kedelai yang bagus saat ini, kuncinya pada tanam yang lebih awal. Ternyata, anggota Kelompok Tani Sri Rejeki pernah berkunjung ke Balitkabi. Petani mengharapkan bisa menanam varietas kedelai yang memiliki hasil tinggi.

Pertanaman kedelai di Desa Ngarjo (Mojoanyar,Mojokerto), pada Oktober 2018.

Pertanaman kedelai di Desa Ngarjo (Mojoanyar,Mojokerto), pada Oktober 2018.

Ayk