Berita » Rombongan Bappeda Muna Prov Sultra Berlatih Produk Olahan

a.sultra_1

Malang- Laboratorium Pangan Balitkabi memberikan pelatihan produk pangan olahan berbasis kacang dan umbi untuk rombongan dari Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara, di Lab Pangan Balitkabi, 24-26 April 2013. Rombongan yang dipimpin oleh Ir Laode Hidayat, Sekretaris Bappeda Kab Muna, membawa 10 orang anggota terdiri dari Kontak Tani, Petani Maju, Ibu Tani, dan PKK, . Mereka diterima oleh Achmad Winarto, Ir Erliana Ginting, MSc., dan Rahmi Yulifianti, STP.

Menurut Pak Laode, potensi pertanian di Muna sangat besar, namun sentuhan teknologinya masih belum mendukung, sehingga produk pertanian mereka dijual dalam bentuk segar. Oleh karena itulah beliau membawa rombongan untuk berlatih secara khusus di Balitkabi. “Sepulang dari sini mudah-mudahan kami akan merencanakan pengembangan produk olahan di Muna”, ungkap beliau.

Di Lab Pangan para tamu selain melihat langsung proses pengolahan ubikayu dan ubijalar menjadi produk aneka produk olahan, juga praktik dibimbing langsung Bu Rahmi, dan staf. Mereka juga mencoba peralatan perajang umbi sederhana serta mencicipi produk aneka kue kering dan basah yang terbuat dari umbi-umbian.

AW