Berita » Biologi Merupakan Dasar Ilmu Pertanian

madiun_4

Biologi adalah ilmu kehidupan. Karena selain cakupannya sangat luas, banyak hal yang bisa dipelajari dari ilmu biologi yang berkait dengan kehidupan sehari-hari. Demikian dinyatakan oleh Dr. M. Muchlish Adie, Kepala Balitkabi, saat menerima kunjungan mahasiswa jurusan Pendidikan Biologi IKIP PGRI Madiun pada Selasa (28/6/2011).

 

    Mahasiswa Jurusan Biologi IKIP PGRI Madiun yang tergabung dalam Asosiasi Mahasiswa Pecinta Ilmu Biologi (Ampibi) yang berjumlah 200 orang dengan lima pembimbing tersebut berkunjung untuk mengetahui dari dekat kegiatan di Balitkabi khususnya yang berkait dengan ilmu biologi. “Walaupun kami mempelajari biologi, namun ke mana arah biologi dalam praktik kami belum paham benar. Oleh karena itu, kami penasaran dan mengagendakan berkunjung ke Balitkabi” tutur Ali Mahfud ketua panitia studi observasi ini.

Ir. Sri Wahyuni Indiati, M.S.,memberi paparan tentang pestisida organik

Ilmu biologi sangat penting sebagai dasar penelitian aneka tanaman kacang dan umbi. Pemuliaan tanaman dan budidaya tanaman, pengendalian hama dan penyakit tanaman didasarkan pada ilmu biologi. Beberapa tanaman mengandung bahan yang bersifat racun bagi hama, sehingga dapat dimanfaatkan untuk bahan pestisida. Pengelolaan tanah dan tanaman pun didasarkan pada karakter tanaman yang dasar-dasarnya ada di ilmu hayat alias biologi. Demikian juga memanfaatkan aneka tanaman kacang dan umbi harus mendalami karakter biologis hasil tanaman yang bersangkutan “Tanaman sirsat dan mimba sudah dimanfaatkan sebagai bahan pestisida alami” tutur Bu Yuni sembari menunjukkan foto tanaman mimba dan sirsat dalam tayangannya.

Di samping itu para mahasiswa juga mendapat uraian tentang budidaya tanaman oleh Salam Agus Riyantro, S.P., serta pascapanen tanaman umbi-umbian oleh Dr. Joko Susilo Utomo dengan judul paparan “Teknologi Pengolahan Ubi Kayu dan Ubi Jalar”.

Salam Agus Riyantro, S.P., sedang menguraikan budidaya tanaman kacang-kacangan

Melengkapi pengetahuannya tentang Balitkabi para mahasiswa dibawa keliling ke Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) dan ke Kebun Percobaan Kendapayak. Di KP Kendalpayak mereka mendapat penjelasan penelitian aneka tanaman kacang dan umbi, yang sedang tumbuh subur dan sebagian lainnya sudah siap dipanen, oleh Kepala KP Kendalpayak, Ir Margono Rahmat, M.S.

Para mahasiswa melihat koleksi galur harapan ubi kayu dari Ir Margono,M.S..

Sagitarius B., dan A. Winarto